PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DI SMK SE KOTA SEMARANG TAHUN 2006/2007


Nurul Hafidhoh , 3301403011 (2007) PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DI SMK SE KOTA SEMARANG TAHUN 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DI SMK SE KOTA SEMARANG TAHUN 2006/2007]
Preview
PDF (PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DI SMK SE KOTA SEMARANG TAHUN 2006/2007) - Published Version
Download (673kB) | Preview

Abstract

Seorang guru dikatakan professional jika memenuhi empat kompetensi tersebut yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dari observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti, banyak kekurangan yang dimiliki oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi ketika melaksanakan PPL akan tetapi kenyataannya mayoritas mahasiswa lulus dan nilai yang diterima mayoritas baik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Bagaimana persepsi guru pamong di SMK negeri dan swasta se Kota Semarang terhadap pelaksanaan PPL mahasiswa Fakultas Ekonomi Unnes tahun pelajaran 2006/2007? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pamong di SMK negeri dan swasta se Kota Semarang terhadap pelaksanaan PPL mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES tahun pelajaran 2006/2007. Populasi penelitian ini adalah guru pamong mahasiswa Fakultas Ekonomi di SMK se Kota Semarang baik negeri maupun swasta yang berjumlah 60 guru, terdiri dari 15 guru di SMK negeri dan 45 guru di SMK swasta. Karena populasi kurang dari 100 (seratus) maka semua populasi dijadikan unit analisis. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah persepsi guru pamong terhadap pelaksanaan PPL, dimana variabel tersebut terbagi menjadi sub variabel yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian dari analisis deskriptif persentase diperoleh rata-rata untuk kompetensi pedagogik guru swasta sebesar 65.45% dan negeri 63.65%sehingga termasuk kriteria cukup. Rata-rata untuk kompetensi kepribadian guru swasta dan negeri sebesar 71.16% dan 70.43% sehingga termasuk kriteria baik. Rata-rata untuk kompetensi sosial guru swasta dan negeri sebesar 73.96% dan 71.78% sehingga termasuk kriteria baik. Rata-rata untuk kompetensi profesional guru swasta sebesar 67.67% termasuk kriteria cukup dan untuk guru negeri 68.29% termasuk kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa persepsi guru pamong terhadap pelaksanaan PPL mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES untuk kompetensi pedagogik baik guru pamong swasta maupun negeri adalah samasama cukup baik, akan tetapi terdapat selisih sekitar 1.8% hal ini disebabkan karena adanya perbedaan persepsi pada indikator kemampuan mengembangkan kurikulum dan silabus. Untuk kompetensi kepribadian, persepsi guru pamong swasta maupun negeri adalah sama-sama baik, akan tetapi terdapat selisih sekitar 0.73% hal ini disebabkan karena adanya perbedaan persepsi pada indikator kemantapan untuk menjadi guru dan kestabilan emosi dalam menghadapi persoalan kelas dan siswa. Untuk kompetensi sosial persepsi guru pamong swasta maupun negeri adalah sama-sama baik, akan tetapi terdapat selisih sekitar 2.18% hal ini disebabkan karena perbedaan persepsi pada indikator kemampuan berkomunikasi dengan guru lain. Untuk kompetensi professional, persepsi guru swasta adalah cukup dan guru negeri adalah baik. Terdapat selisih sebesar 0.62% hal ini disebabkan perbedaan persepsi pada indikator kemampuan membuka pelajaran, kemampuan mengadakan variasi pembelajaran, kejelasan dan penyajian materi, kemampuan mengelola kelas dan ketepatan antara waktu dan materi pelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada Fakultas Ekonomi agar peka terhadap perkembangan kurikulum, bagi mahasiswa kependidikan diharapkan memperbanyak pengetahuan lagi selain yang didapat dari bangku kuliah dan menanamkan sejak dini kemantapan dalam batinya bahwa kelak dirinya akan menjadi seorang guru, bagi mahasiswa kependidikan juga harus berlatih untuk berinteraksi dengan siswa, mampu untuk mengelola kelas dan sebelum masuk kelas agar merencanakan dahulu antara materi dengan waktu yang disediakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru Pamong, PPL (Praktik Pengalaman Lapangan), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) kota Semarang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2011 07:22
Last Modified: 25 Apr 2015 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item View Item