MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MENGGUNAKAN POSTER DAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA


Ngaidatun Faizah, 4201405053 (2009) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MENGGUNAKAN POSTER DAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN   MENGGUNAKAN POSTER DAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MENGGUNAKAN POSTER DAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat siswa merupakan faktor utama yang menentukan derajat keaktifan belajar siswa. Siswa yang aktif dalam belajar diharapkan akan berdampak pada hasil belajarnya. Siswa SMPN 13 Semarang masih pasif dalam pembelajaran, sehingga diperlukan suatu media dan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah penggunaan media kartu soal dan poster dalam model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournemant (TGT) dapat meningkatkan minat belajar Fisika siswa kelas VII SMP Negeri 13 Semarang? 2) Apakah penggunaan media kartu soal dan poster dalam model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas VII SMP Negeri 13 Semarang? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 13 Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIF sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif, minat, dan hasil belajar Fisika. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa soal-soal objektif pilihan, angket dan lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata yaitu uji t-test. Uji ini digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada minat dan hasil belajar siswa dengan cara mengkomparasikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis uji t-test untuk minat siswa diperoleh thitung = 3.07 dan t(0,95)(68) = 1.658, ternyata thitung > t(0,95)(68), maka dapat ditafsirkan bahwa rata-rata minat siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil analisis uji t-test untuk hasil belajar siswa diperoleh thitung = 3.42. dan t(0,95)(75) = 1.658., ternyata thitung > t(0,95)(75), maka dapat ditafsirkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan poster dan media kartu soal dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Fisika SMPN 13 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe TGT, Poster dan Media Kartu Soal, Minat dan Hasil belajar Fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 01:02
Last Modified: 25 Apr 2015 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item