Korelasi Lingkungan Sosial dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N Se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal dalam Menggambar
Edi Sofyan Kurniawan, 2401406039 (2011) Korelasi Lingkungan Sosial dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N Se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal dalam Menggambar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Korelasi Lingkungan Sosial dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N Se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal dalam Menggambar)
- Published Version
Download (33kB) |
Abstract
Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal l. Faktor internal yang berperan adalah faktor biologis, faktor psikologis, dan beberapa faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran kondisi lingkungan sosial yang mempunyai korelasi dengan hasil belajar siswa dalam menggambar? 2. Bagaimana korelasi lingkungan sosial dengan hasil belajar siswa kelas V SD N Se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal dalam menggambar? Penelitian ini bertujuan : 1. Mengetahui dan menjelaskan gambaran lingkungan sosial yang mempunyai korelasi dengan hasil belajar siswa dalam berkarya seni rupa khususnya menggambar. 2. Mendiskripsikan dan menganalisa korelasi lingkungan sosial dengan hasil belajar siswa kelas V SD N Se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal dalam menggambar. Populasi penelitian ini adalah siswa SD N Se-Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal yang berjumlah 48 sekolah. Pengambilan sampel yang berjumlah 96 siswa menggunakan cluster sampling. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel korelasi lingkungan sosial (X) dan Hasil belajar siswa (Y). Alat utama pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, selain itu didukung teknik lain dokumentasi, observasi langsung dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif presentase, Uji Normalitas, Uji Linieritas dan analisis regresi sederhana. Pengujian Hipotesis dengan menggunakan, Uji koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa korelasi lingkungan sosial dengan hasil belajar siswa dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari skor korelasi lingkungan keluarga termasuk dalam interval 68%-84% yaitu sebesar 69% termasuk dalam kategori baik. Korelasi lingkungan sekolah sebesar 71% dalam interval 52%-68% kategori baik dan korelasi lingkungan masyarakat sebesar 69% dalam interval 68%-84% termasuk dalam kategori baik. Lingkungan sosial mempunyai korelasi yang signifikan dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari uji Determinasi (R2). Besarnya korelasi lingkungan sosial dengan hasil belajar siswa dalam menggambar sebesar 47,8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain,seperti bakat, minat dan kemauan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ada korelasi lingkungan sosial dengan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi Bagi para guru, sebagai masukan tentang pentingnya memperhatikan lingkungan sosial untuk pendidikan dan pekembangan anak. Bagi orang tua, untuk memperhatikan fasilitas belajar anak, perhatian terhadap hasil belajar anak, dan motivasi yang diberikan pada anak di lingkungan keluarga. Bagi masyarakat, agar memperhatikan lingkungan sosial untuk pendidikan dan pekembangan anak. Bagi peneliti, sebagai bekal untuk calon guru sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan ketika sudah mengajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Sosial, Hasil Belajar dan Menggambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education N Fine Arts > ND Painting |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 22:27 |
Last Modified: | 10 Jul 2012 22:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13299 |
Actions (login required)
View Item |