Wanita Penghibur sebagai Subyek Dalam Karya Seni Lukis.


Fivin Bagus Septiya Pambudi,, 2401405018 (2011) Wanita Penghibur sebagai Subyek Dalam Karya Seni Lukis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Wanita Penghibur sebagai Subyek Dalam Karya Seni Lukis.] Microsoft Word (Wanita Penghibur sebagai Subyek Dalam Karya Seni Lukis.) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Proyek Studi ini berjudul “Wanita Penghibur Sebagai Subyek Dalam Karya Seni Lukis”. Pemilihan tema wanita penghibur (PSK) karena menurut penulis permasalahan yang menyangkut tentang wanita penghibur (PSK) sangatlah menarik dan seakan tiada habisnya. Tujuan penulis menyusun Proyek Studi ini adalah selain menyelesaikan studi juga sebagai sarana untuk menuangkan perasaan penulis melalui karya seni lukis tentang kehidupan wanita penghibur, meningkatkan kemampuan penulis dalam bidang seni lukis, dan menyajikan fenomena realita kehidupan wanita penghibur (PSK) yang dikemas dalam karya seni lukis. Media yang penulis gunakan dalam proyek studi ini adalah cat minyak di atas kanvas. Teknik berkarya menjadi sebuah karya seni lukis melalui tahapan-tahapan perealisasian ide di atas kertas, memindahkan sketsa kasar ke dalam kanvas, pengolahan gambar sketsa menjadi gambar jadi dan finishing. Sedangkan proses berkaryanya meliputi pengumpulan sumber data, pengolahan ide dengan sketsa, pengolahan teknis, pengolahan akhir dan penyajian karya lukis. Karya seni lukis yang penulis buat bercorak ekspresionis. Penggunaan warna pada lukisan ini cenderung subyektif, penulis melakukan distorsi kearah karakter warna yang kumuh dan keras, serta ekspresi kehidupan yang penuh penderitaan dengan menggunakan warna coklat tua kehijauan yang secara visual tidak menggairahkan. Karakteristik ungkapan warna yang demikian menurut penulis cocok untuk melukiskan wanita penghibur. Secara keseluruhan dari kesebelasbelas karya lukis ini mengemukakan tentang segala permasalahan yang dihadapi oleh wanita penghibur. Subjek yang terlihat adalah subjek figur wanita, Keseimbangan yang digunakan kebanyakan adalah keseimbangan asimetris, walaupun ada yang simetris pada beberapa karya. Pemilihan warna juga lebih banyak menggunakan warna yang terkesan kumuh dan keras dengan menggunakan warna coklat tua kehijauan. Bagi mahasiswa seni rupa FBS UNNES, dengan adanya proyek studi ini hendaknya dapat menjadi stimulan sebagai motifasi dalam berkarya seni rupa, untuk dapat menghasilkan karya yang lebih bermutu. Disisi lain pilihan tema pada dasarnya dipahami sebagai wahana dalam proses berkreasi, sehingga persoalan “apa” tidak terlalu penting yang harus diperjuangkan. Tetapi persoalan “mengapa” menjadi jauh lebuh penting untuk diperjuangkan. Melalui proyek studi yang berjudul “Wanita Penghibur Sebagai Subyek dalam Karya Seni Lukis”, penulis belajar mencoba mengungkap esensi karakteristik dari persoalan tersebut ke dalam ungkapan bentuk dan teknik yang konsisten. Dari konsistensi pengungkapan tersebut hendaknya dapat menjadi pelajaran berharga bagi para mahasiswa yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Wanita penghibur, Media, Lukis, Saran
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 22:21
Last Modified: 10 Jul 2012 22:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

View Item View Item