Implementasi Model Pelatihan Berbasis Solfegio Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Motivasi Belajar Paduan Suara Pada Siswa Sd Islam Al-Azhar 14 Semarang
Hafid Zuhdan Bahtiar, 2503407068 (2011) Implementasi Model Pelatihan Berbasis Solfegio Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Motivasi Belajar Paduan Suara Pada Siswa Sd Islam Al-Azhar 14 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Implementasi Model Pelatihan Berbasis Solfegio Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Motivasi Belajar Paduan Suara Pada Siswa Sd Islam Al-Azhar 14 Semarang)
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kegiatan paduan suara sebagai salah satu ekstrakulikuler yang sangat disukai sebagian siswa SD Islam Al-Azhar 14 Semarang. Tetapi hal ini menjadi berat dan tidak menyenangkan saat siswa diberikan lagu baru. Berkaitan dengan itu dibutuhkan teknik yang menarik agar siswa tertarik untuk menguasai notasi juga. Dengan implementasi metode solfegio ini, metode pelatihan yang ada di SD Islam Al-Azhar 14 akan diperbaiki. Dari pengamatan awal yang telah dilakukan oleh peneliti ternyata dalam proses pelatihan paduan suara di SD Islam Al-Azhar 14 Semarang terdapat beberapa kendala, dalam hal ini bahwa ada sebagian siswa mengalami kesulitan dalam belajar paduan suara. Dengan melihat kendala-kendala tersebut maka peneliti merumuskan masalah yaitu (1) bagaimanakah implementasi pelatihan paduan suara dapat meningkatkan kualitas paduan suara?, (2) sejauh mana implementasi paduan suara dengan berbasis solfegio dapat meningkatkan motivasi dalam mempelajari lagu dalam paduan suara, (3) hambatan apa saja yang mempengaruhi proses pelatihan paduan suara yang berbasis solfegio di SD Islam Al-Azhar 14 Semarang. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel penelitian dikelompokkan menjadi tiga, yaitu variabel input, variabel proses, dan variabel out put.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode solfegio dapat meningkatkan kemampuan vokal dalam pelatihan paduan suara di SD Islam Al-Azhar 14 Semarang dengan nilai rerata kemampuan bernyanyi dalam paduan suara yang meningkat. Pada kegiatan pra siklus nilai rerata yang dicapai sebesar 68,7, pada kegiatan siklus I nilai reratanya meningkat menjadi 70,9, dan pada kegiatan siklus II rerata nilainya mencapai 78,2. (2) dengan metode solfegio dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pelatihan paduan suara di SD Islam Al-Azhar 14 Semarang nilai motivasi belajar paduan suara meningkat. Pada kegiatan pra siklus nilai motivasi yang dicapai sebesar 2,37, pada kegiatan siklus I nilai motivasinya meningkat menjadi 2,67, dan pada kegiatan siklus II rerata nilainya mencapai 2,80.Faktor yang menghambat pelatihan ekstrakulikuler paduan suara adalah keterbatasan lagu-lagu model , model pelatihan yang kurang tepat, dan kemampuan olah vokal siswa yang kurang terasah, keterbatasan kemampuan pelatih dan keterbatasan dana untuk memenuhi sarana dan prasarana ekstrakulikuler paduan suara. Saran yang dikemukakan yaitu dalam kegiatan bermusik pada umumnya dan paduan suara pada khususnya sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan ini. Rutinitas latihan khususnya pada kegiatan paduan suara sangat diperlukan. Pelatih ekstrakulikuler hendaknya lebih meningkatkan penggunaan teknik pelatihan vokal yang baik agar kualitas paduan suara semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi, solfegio, metode |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 22:17 |
Last Modified: | 10 Jul 2012 22:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13296 |
Actions (login required)
View Item |