Produktifitas Kerja Sound Engineer Dalam Proses Recording di Pro Studio Recording Musik Pekalongan


Praja Wahyu Setiyoko, 2503406006 (2011) Produktifitas Kerja Sound Engineer Dalam Proses Recording di Pro Studio Recording Musik Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Produktifitas Kerja Sound Engineer Dalam Proses Recording di Pro Studio Recording Musik Pekalongan] Microsoft Word (Produktifitas Kerja Sound Engineer Dalam Proses Recording di Pro Studio Recording Musik Pekalongan) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

PRO studio recording musik Pekalongan mempunyai daya tarik tersendiri bagi musisi dalam merekam karya mereka, dikarenakan fasilitas peralatan yang digunakan berkualitas, waktu untuk recording lebih lama, biaya lebih murah lengkap dengan mixing dan mastering, sarana dan prasarana mendukung, hasil rekaman kualitasnya baik, dan sistem kerja sound engineer yang cepat dan tepat dengan menggunakan prosedur recording yang benar sesuai dengan latar belakang pendidikan kursus recording yang telah ditempuh sebelumnya. Beberapa hal inilah yang dianggap unik dan menjadikan peneliti ingin mengangkat judul tersebut untuk skripsi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah produktifitas kerja sound engineer dalam proses recording musik di PRO studio recording musik Pekalongan. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran data-data yang berhubungan dengan produktifitas kerja sound engineer dalam proses recording di PRO studio recording musik Pekalongan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sound engineer recording PRO studio recording musik Pekalongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data interaktif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produktifitas kerja sound engineer PRO studio recording musik Pekalongan terbukti dengan adanya hal-hal sebagai berikut: (1) sound engineer PRO studio recording musik Pekalongan mampu menyediakan alat musik yang berkualitas yang digunakan untuk recording, (2) sound engineer PRO studio recording musik Pekalongan telah menggunakan hardware dan software untuk recording yang sesuai dengan prosedur recording, (3) sound engineer PRO studio recording musik Pekalongan selalu memberikan keleluasaan dan keringanan kepada konsumen recording dalam masalah waktu dan biaya yang dibutuhkan sehingga tidak merasa terbebani, (4) proses recording dari tracking, editing, mixing, sampai dengan mastering dilakukan sound engineer recording dengan prosedur yang benar dan tepat waktu. Agar produktifitas kerja sound engineer PRO studio recording dapat meningkat, sound engineer recording PRO studio recording harus sering mengerjakan proyek recording yang berbeda jenis sebagian dari aliran maupun konsep musiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 22:14
Last Modified: 10 Jul 2012 22:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13295

Actions (login required)

View Item View Item