Analisis Kesalahan Menulis Teks Naratif Mahasiswa Semester II Tahun 2010/2011 Program Pendidikan Bahasa Prancis


Ika Daniyati, 2301404010 (2011) Analisis Kesalahan Menulis Teks Naratif Mahasiswa Semester II Tahun 2010/2011 Program Pendidikan Bahasa Prancis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Menulis Teks Naratif Mahasiswa Semester II Tahun 2010/2011 Program Pendidikan Bahasa Prancis] Microsoft Word (Analisis Kesalahan Menulis Teks Naratif Mahasiswa Semester II Tahun 2010/2011 Program Pendidikan Bahasa Prancis) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Menulis adalah salah satu dari empat kemampuan berbahasa yang harus dikuasai, selain membaca, menyimak dan berbicara. Menulis merupakan kegiatan menghasilkan tuturan dan mengkomunikasikan pikiran secara tertulis. Aktifitas menulis adalah yang paling sulit dikarenakan adanya tuntutan dalam hal penguasaan berbagai unsur bahasa. Dalam aktifitas menulis, seringkali pembelajar mengalami kesulitan sehingga menimbulkan kesalahan-kesalahan. Karena itulah diperlukan adanya kegiatan analisis kesalahan, yang bertujuan untuk menemukan kesalahan, mengklarifikasikan kemudian mengevaluasinya. Dalam menganalisis, penelitian ini menggunakan descripteur DELF (Diplôme d’Études Langue Française) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisiskesalahan terdapat dalam hasil tulisan mahasiswa berdasarkan kriteria penilaian DELF. Objek yang diteliti adalah hasil tes Production Écrite Élementaire mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis sebanyak 13 hasil tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dinilai kemudian dianalisis dengan descripteur DELF. Kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa dalam tes menulis adalah kesalahan dalam Léxique/orthographe léxicale, dan kesalahan dalam Morphosyntaxe/orthographe gramaticale.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, analisis kesalahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 22:05
Last Modified: 10 Jul 2012 22:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13292

Actions (login required)

View Item View Item