Perbandingan Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip dan Mind Mapping pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan Tahun Ajaran 2010/2011


Septian Riztiana, 2102407021 (2011) Perbandingan Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip dan Mind Mapping pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbandingan Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip dan Mind Mapping pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Perbandingan Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip dan Mind Mapping pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (36kB)

Abstract

Hasil belajar menulis karangan deskripsi di SMP Negeri 3 Pekalongan masih kurang memuaskan. Hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang belum memenuhi nilai yang telah ditentukan oleh sekolah. Dari permasalahan ini, perlu diterapkan suatu cara yang dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran menulis karangan deskripsi dapat dilakukan dengan menggunakan metode field trip dan metode mind mapping. Sebelum kedua metode tersebut diterapkan, maka perlu diadakan suatu penelitian untuk membandingkan hasil belajar menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode field trip dan mind mapping. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa SMP Negeri 3 Pekalongan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan metode field trip dan dengan perlakuan menggunakan metode mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan dengan menggunakan metode field trip dan metode mind mapping. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan, sedangkan siswa yang dijadikan sampel berjumlah 74 siswa diambil dari dua kelas yang homogen atau seimbang. Penelitian ini menggunakan penelitian komparatif yaitu untuk membandingkan hasil prestasi belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan dengan menggunakan metode mind mapping dan metode field trip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik tes ini digunakan untuk mendapatkan data mengenai nilai siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode mind mapping dan field trip. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan antara hasil belajar menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode mind mapping dan metode field trip yang dilakukan pada kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 4.556, sedangkan ttabel yaitu t(0.95)(58) = 2.00. Karena thitung > ttabel yaitu 4.556 > 2.00 jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menulis karangan deskripsi dengan menggunakan metode mind mapping dan metode field trip pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan serta penggunaan metode field trip lebih baik dibandingkan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa saran yang dapat diajukan yaitu guru bahasa dan sastra Jawa dapat menerapkan metode field trip sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi karena dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan metode mind mapping. Peneliti dalam bidang bahasa dan sastra Jawa dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk melakukan penelitian lanjutan tentang kemampuan menulis karangan deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: field trip, mind mapping, karangan deskripsi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 21:51
Last Modified: 10 Jul 2012 21:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item View Item