TRADISI UPACARA POPOKAN MASYARAKAT DESA SENDANG KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG


Bayu Purna Nugraha, 2102404012 (2011) TRADISI UPACARA POPOKAN MASYARAKAT DESA SENDANG KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TRADISI UPACARA POPOKAN MASYARAKAT  DESA  SENDANG KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG] Microsoft Word (TRADISI UPACARA POPOKAN MASYARAKAT DESA SENDANG KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Tradisi Popokan merupakan wujud rasa syukur masyarakat khususnya petani desa Sendang kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang diperolehnya dan memohon berkah keselamatan bagi masyarakat setempat khususnya bagi petani. Keberadaan tradisi tersebut sampai sekarang masih dilestarikan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian Tradisi Popokan di desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang adalah (1) bagaimana bentuk Tradisi Upacara Popokan desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang, (2) fungsi apa saja yang terkandung dalam Tradisi Upacara Popokan desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang, (3) makna simbolis apa yang terkandung dalam Tradisi Popokan desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan rangkaian pelaksanaan upacara Tradisi Popokan, bentuk, fungsi dan makna simbolik yang terdapat dalam upacara Tradisi Popokan di Desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Tradisi upacara Popokan ini merupakan salah satu bentuk peninggalan kebudayaan leluhur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan upacara Popokan dengan pendekatan Foklor. Informan dalam penelitian ini adalah sesepuh, pamong desa dan warga masyarakat desa Sendang. Fokus penelitian ini adalah Upacara Tradisi Popokan Desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Alat yang digunakan adalah kamera foto, kamera vidio dan alat tulis. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan memaparkan data berupa hasil wawancara ke dalam bentuk teks. Hasil penelitian ini adalah pertama, Bentuk-bentuk rangkaian upacara popokan ang terdri atas 1. Kirab 2. Sesaji 3. Selamatan 4. Popokan 5. Kesenian. Kedua, Fungsi tradisi popokan yaitu 1. Sebagai Bentuk Hiburan 2. Sebagai alat endidik anak 3. Sebagai alat atau pengawa norma-norma masyarakat. ketiga, Beberapa perlengkapan yang merupakan simbol dan mempunyai makna meliputi: tumpeng, nasi klubanan, ingkung, iwak kali, jajan pasar, kembang telon, kemenyan, pisang raja, hasil bumi, katul. Saran yang dapat disampaikan yaitu Ada penanganan yang terencana dan terarah terutama dari warga masyarakat Desa Sendang maupun dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Semarang. Hal ini dimaksudkan agar ada bantuan pengelolaan yang lebih baik dari pihak yang ahli di bidang Kebudayaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Foklor Upacara Tradisi Popokan desa Sendang Kecamatan Bringin
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 21:47
Last Modified: 10 Jul 2012 21:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13287

Actions (login required)

View Item View Item