Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karangan Narasi untuk Siswa Kelas V SD


Dyah Wulandari, 2101407170 (2011) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karangan Narasi untuk Siswa Kelas V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karangan Narasi untuk Siswa Kelas V SD] Microsoft Word (Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karangan Narasi untuk Siswa Kelas V SD) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Kurangnya bahan ajar menulis karangan narasi untuk anak kelas V SD disebabkan guru mengalami kesulitan dalam memilih bahan ajar yang sesuai dengan siswa dilihat dari segi bahasa, maupun sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Masalah lain yang dapat dikemukakan ialah bahwa setiap guru memiliki keterampilan, kemampuan, dan pengalaman yang berbeda sehingga dapat mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru akan mengajar dengan baik jika guru menggunakan buku hasil pilihannya sendiri yang sesuai dengan kondisi siswa. Jika demikian keadaanya, maka setiap guru akan memilih buku yang dianggapnya baik untuk anak didiknya. Belum lagi dengan guru-guru bahasa Indonesia yang berada di desa dan di kota yang memiliki perbedaan pendapat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mencakup lima hal, yaitu (1) bagaimanakah hasil analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar menulis karangan narasi berwawasan lingkungan, (2) bagaimanakah karakteristik dan prototipe bahan ajar menulis karangan narasi berwawasan lingkungan, (3) bagaimanakah saran perbaikan, penilaian guru, dan ahli terhadap prototipe bahan ajar (buku) menulis karangan narasi berwawasan lingkungan, (4) bagaimana hasil perbaikan bahan ajar (buku) menulis karangan narasi berwawasan lingkungan, (5) bagaimana tanggapan siswa dan guru terhadap bahan ajar (buku) menulis karangan narasi berwawasan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan dalam tujuh tahap penelitian, yaitu (1) survey pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe bahan ajar, (3) desain produk, (4) penilaian produk, (5) revisi dan perbaikan desain, (6) pengujicobaan terbatas terhadap prototipe, dan (7) deskripsi hasil penelitian. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data kebutuhan siswa dan guru terhadap buku menulis karangan narasi berwawasan lingkungan serta menggunakan jurnal siswa dan guru untuk mengetahui tanggapan terhadap bahan ajar menulis karangan narasi berwawasan lingkungan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Setelah melakukan penelitian, didapatkan hasil penelitian, yaitu analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap buku menulis karangan narasi meliputi (1) ketersediaan buku karangan narasi, (2) pembelajaran menulis karangan narasi, (3) kebutuhan siswa pada saat menulis karangan narasi, (4) kendala yang di hadapi siswa saat menulis karangan narasi, (5) penyajian materi menulis karangan narasi, (6) pemaparan teori menulis karangan narasi, dan (7) topik karangan yang menarik. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut, didapatkan prinsip-prinsip penyusunan buku menulis karangan narasi berwawasan lingkungan, yaitu (1) dimensi isi memuat penjelasan tentang materi, harapan terhadap buku, langkah-langkah menulis karangan narasi, kebutuhan saat menulis karangan narasi, dan lembar evaluasi, (2) dimensi penyajian memuat cara memaparkan buku, adanya media, dan topik berwawasan lingkungan, (3) dimensi bahasa memuat penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, (4) dimensi grafika buku memuat judul buku, sampul, ketebalan, ukuran buku, jenis, spasi dan ukuran huruf, serta ilustrasi gambar. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh guru dan ahli, yaitu (1) dimensi materi, perolehan nilai rata-rata 68,76 dengan ketegori cukup baik, (2) dimensi penyajian, perolehan nilai rata-rata 77,76 dengan kategori baik, (3) dimensi bahasa dan keterbacaan, perolehan nilai rata-rata 79,17 dengan kategori baik, dan (4) dimensi grafika, perolehan nilai rata-rata 80,41 dengan kategori baik. Perbaikan yang dilakukan terhadap buku menulis karangan narasi berwawasan lingkungan untuk siswa kelas V SD, yaitu (1) perbaikan pada penyajian materi, (2) perbaikan halaman daftar isi, (3) perbaikan petunjuk penggunaan buku, (4) perbaikan judul buku, (5) perbaikan jenis huruf pada buku, (6) perbaikan ilustrasi dan ukuran gambar seri, (7) perbaikan warna ilustrasi, (8) perbaikan sampul buku, dan (9) perbaikan bahasa buku, yaitu dengan mengganti bahasa yang ada dalam materi menjadi bahasa yang lebih sederhana dan komunikatif, serta penyuntingan diksi, ejaan, dan pemenggalan. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini, yaitu 1) siswa dan guru membutuhkan buku karangan narasi berkualitas dan bermanfaat, 2) buku karangan narasi yang diinginkan adalah buku karangan narasi yang sesuai dengan perkembangan siswa SD, dan 3) buku karangan narasi berwawasan lingkungan sudah sesuai, meskipun masih harus ada beberapa perbaikan. Saran yang peneliti rekomendasikan, yaitu (1) guru bahasa Indonesia hendaknya menggunakan bahan ajar berupa buku karangan narasi yang berkualitas sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, (2) perlunya dikembangkan bahan ajar (buku) yang lebih kreatif, menarik, dan tidak menciptakan suasana bosan jika siswa menggunakan buku tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar, menulis karangan narasi, berwawasan lingkungan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 11:16
Last Modified: 10 Jul 2012 11:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13270

Actions (login required)

View Item View Item