Peningkatan Keterampilan Membaca Tabel dengan Menggunakan Metode Think-Pair-Share dan Teknik Crossword Puzzle pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 13 Semarang


Uswatun Khasanah, 2101407155 (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Tabel dengan Menggunakan Metode Think-Pair-Share dan Teknik Crossword Puzzle pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 13 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Tabel dengan Menggunakan Metode Think-Pair-Share dan Teknik Crossword Puzzle pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 13 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Membaca Tabel dengan Menggunakan Metode Think-Pair-Share dan Teknik Crossword Puzzle pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 13 Semarang) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Pembelajaran keterampilan membaca tabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Semarang belum terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan kecepatan membaca siswa tidak memenuhi standar minimal tingkat kecepatan membaca pada siswa SMP/MTs dan tingkat pemahaman siswa yang belum dapat maksimal dalam memahami isi bacaan. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP Negeri 13 Semarang, keterampilan membaca tabel siswa VII D belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan guru. Rendahnya keterampilan siswa ini dapat diketahui dari belum tercapainya indikator dalam membaca tabel yang meliputi dua indikator. Ketidaktercapaian indikator tersebut, disebabkan oleh faktor yang berasal dari siswa dan faktor yang berasal dari guru. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan keterampilan membaca tabel pada siswa kelas VII D SMP Negeri 13 Semarang, digunakan metode think-pair-share dan teknik crossword puzzle dalam pembelajaran membaca tabel. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pembelajaran membaca tabel, peningkatan keterampilan membaca tabel, dan perubahan perilaku siswa kelas VII D SMP Negeri 13 Semarang setelah mengikuti pembelajaran membaca tabel dengan metode think-pair-share dan teknik crossword puzzle. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsi proses pembelajaran membaca tabel, mendeskripsi peningkatan keterampilan membaca tabel, dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VII D SMP Negeri 13 Semarang setelah mengikuti pembelajaran membaca tabel dengan metode think-pair-share dan teknik crossword puzzle. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk menambah teori membaca tabel dengan menggunakan menggunakan metode think-pair-share dan teknik crossword puzzle, selain itu sebagai tolok ukur untuk untuk kajian pada penelitian yang lebih lanjut yaitu berupa alternatif yang dapat dipertimbangkan dalam usaha memperbaiki mutu pendidikan dan meningkatkan interaksi belajar mengajar. Selain itu, bermanfaat bagi guru untuk memberikan alternatif pemilihan metode dan teknik yang tepat digunakan untuk pembelajaran keterampilan membaca tabel. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca tabel siswa kelas VII D. Sumber data yaitu kelas VII D yang terdiri atas 33 siswa yaitu 17 siswa putra dan 16 siswa putri. Alat pengambilan data nontes berupa pedoman deskripsi perilaku ekologis, pedoman catatan harian guru dan siswa, pedoman sosiometri, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca tabel pada siswa kelas VII D, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode think-pair-share dan teknik crossword puzzle. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas VII D SMP Negeri 13 Semarang yang meliputi tes prasiklus, tes siklus I, dan tes siklus II. Pada tes prasiklus, siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,94, sedangkan pada siklus I, hasil tes siswa mencapai rata-rata sebesar 69,93. Berdasarkan hal tersebut, terjadi peningkatan sebesar 10,99 atau 18,64% yaitu dari 58,94 di prasiklus menjadi 69,93 di siklus I. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 84,27 dan termasuk dalam kategori baik, sehingga terjadi peningkatan sebesar 14,34 atau 21,25% yaitu dari 69,93 di siklus I menjadi 84,27 di siklus II. Hasil tes siklus II tersebut, menunjukkan bahwa dari 33 siswa, 31 siswa dinyatakan tuntas dan dua siswa belum tuntas karena belum mencapai nilai KKM yaitu 75. Hal ini membuktikan keberhasilan pembelajaran membaca tabel yang dilakukan peneliti. Perilaku siswa juga mengalami perubahan menjadi lebih baik. Perubahan perilaku tersebut menunjukkan enam karakter siswa yaitu keaktifan, keseriusan, kerja sama, kedisiplinan dan tanggung jawab, kekritisan, serta kemampuan berbagi yang berubah ke arah positif setelah dilaksanakan pembelajaran membaca tabel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran membaca tabel dengan metode think-pair-share dan teknik crossword puzzle, telah berjalan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya keterampilan siswa dalam membaca tabel dan berubahnya perilaku siswa ke arah yang lebih positif ketika proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hal tersebut, peneliti memberikan saran kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan metode think-pair-share dan teknik crossword puzzle dalam pembelajaran membaca tabel. Para peneliti di bidang pendidikan maupun bahasa dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran membaca tabel dengan metode maupun teknik pembelajaran yang berbeda, sehingga didapatkan berbagai alternatif metode dan teknik dalam pembelajaran keterampilan membaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca tabel, metode think-pair-share, teknik crossword puzzle.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 11:12
Last Modified: 10 Jul 2012 11:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13269

Actions (login required)

View Item View Item