Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Isi Berita dengan Metode Listening Team Berbasis PAIKEM melalui Media Audio Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Pilangrejo 2 Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2011/2012

Asih Kurnia Yunita, 2101407065 (2011) Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Isi Berita dengan Metode Listening Team Berbasis PAIKEM melalui Media Audio Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Pilangrejo 2 Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa keterampilan menyimpulkan isi berita dengan metode listening team berbasis PAIKEM melalui media audio pada siswa kelas VI SD Negeri Pilangrejo 2 Kabupaten Demak tahun ajaran 2011/2012 masih rendah dan perlu ditingkatkan. Rendahnya keterampilan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: (1) siswa tidak tertarik pada pembelajaran menyimak yang disampaikan guru, (2) siswa cenderung meremehkan kegiatan menyimak, dan (3) kebiasaan siswa menyimak sambil membaca karena bahan simakan sudah ada dalam buku teks mereka. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menyimpulkan isi berita dibutuhkan suatu metode dan media pembelajaran yang tepat, salah satunya menggunakan metode listening team berbasis PAIKEM dan media audio. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran menyimpulkan isi berita, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menyimpulkan isi berita, dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VI SD Negeri Pilangrejo 2 Kabupaten Demak tahun ajaran 2011/2012 setelah dilakukan pembelajaran menyimpulkan isi berita dengan metode listening team berbasis PAIKEM melalui media audio. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsi proses pembelajaran menyimpulkan isi berita, (2) mendeskripsi peningkatan keterampilan menyimpulkan isi berita, dan (3) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VI SD Negeri Pilangrejo 2 Kabupaten Demak tahun ajaran 2011/2012 setelah melaksanakan pembelajaran menyimpulkan isi berita dengan metode listening team berbasis PAIKEM melalui media audio. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyimpulkan isi berita siswa SD kelas VI. Data yang digunakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Pilangrejo 2 Kabupaten Demak yang berjumlah 19 siswa, terdiri atas 13 putra dan 6 putri. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan menyimpulkan isi berita dan metode listening team berbasis PAIKEM melalui media audio. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimpulkan, berita, metode listening team berbasis PAIKEM, media audio
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 07:05
Last Modified: 10 Jul 2012 07:05

Actions (login required)

View Item