Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi dengan Media Poster melalui Metode Mind Map pada Siswa Kelas XG SMA Negeri 5 Magelang
Wahyu Budi Prasetyo, 2101407047 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi dengan Media Poster melalui Metode Mind Map pada Siswa Kelas XG SMA Negeri 5 Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi dengan Media Poster melalui Metode Mind Map pada Siswa Kelas XG SMA Negeri 5 Magelang)
- Published Version
Download (38kB) |
Abstract
Keterampilan menulis argumentasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMA. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran bahasa Indonesia diketahui bahwa keterampilan menulis argumentasi siswa SMA Negeri 5 Magelang kelas XG dapat dikatakan kurang. Hal itu disebabkan oleh adanya beberapa faktor yang berasal dari guru dan siswa. Faktor dari guru yaitu penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang variatif. Faktor yang berasal dari siswa, yaitu siswa kurangnya kemampuan dalam penuangan gagasan (ide), rendahnya kemampuan untuk membedakan paragraf argumentasi dengan paragraf persuasi, minimnya penguasaan kosakata, rendahnya motivasi dalam pengajaran menulis karangan, dan kurangnya frekuansi pelatihan menulis. Oleh karena itu, penggunaan media poster melalui metode mind map diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas XG SMA N 5 Magelang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas XG SMA Negeri 5 Magelang setelah menggunakan media poster melalui metode mind map; (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa tersebut setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi menggunakan media poster melalui metode mind map. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas XG SMA Negeri 5 Magelang setelah mengikuti pembelajaran menulis argumentasi dengan media poster melalui metode mind map; (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa tersebut setelah mengikuti pembelajaran menulis argumentasi dengan media poster melalui metode mind map. Manfaat teoretis penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan mengenai keterampilan menulis karangan argumentasi serta memberikan alternatif dalam pemilihan metode dan media pembelajaran menulis. Manfaat praktis bagi guru yaitu dapat menambah wawasan tentang keterampilan menulis karangan argumentasi. Bagi siswa yaitu dapat memudahkan siswa untuk menemukan ide atau gagasan yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II yang didahului dengan adanya prasiklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis argumentasi dengan media poster melalui metode mind map. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis karangan argumentasi dan metode mind map dan media poster. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes keterampilan menulis argumentasi siswa. Teknik nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik penggambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis argumentasi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan adanya peningkatan keterampilan menulis argumentasi dengan media poster melalui metode mind map pada siswa kelas XG SMA Negeri 5 Magelang. Nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 68,67 dan mengalami peningkatan sebesar 5 poin (7,28%) menjadi 73,67 pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat 10,33 poin (14,02%) dari 73,67 menjadi 84,00. Peningkatan keterampilan menulis argumentasi ini juga diikuti dengan adanya perubahan perilaku siswa dari negatif ke positif. Hal tersebut dibuktikan dengan perubahan perilaku siswa yang sebelumya masih banyak siswa yang berbicara dengan teman sebangku menjadi lebih konsentrasi mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan penggunaan media poster melalui metode mind map dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa kelas XG SMA Negeri 5 Magelang dan mengubah perilaku siswa ke arah yang positif. Dari hasil penelitian tersebut, maka penulis menyarankan kepada guru untuk menggunakan media dan metode yang lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran, terutama pembelajaran menulis argumentasi. Saran bagi siswa hendaknya lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Saran bagi peneliti lain, agar mengembangkan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis argumentasi dengan media dan metode pembelajaran yang berbeda dan lebih kreatif dan inovatif. Saran bagi sekolah, hendaknya disediakan atau dilengkapi fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis argumentasi, media poster, metode mind map |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 10 Jul 2012 03:41 |
Last Modified: | 10 Jul 2012 03:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13262 |
Actions (login required)
View Item |