Penerapan Teknik Kalimat Mengalir dan Teknik Paragraf dari Gambar dalam Pemelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X MA Negeri Demak


Zaenudin Syarif, 2101407013 (2011) Penerapan Teknik Kalimat Mengalir dan Teknik Paragraf dari Gambar dalam Pemelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X MA Negeri Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Teknik Kalimat Mengalir dan Teknik Paragraf dari Gambar dalam Pemelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X MA Negeri Demak] Microsoft Word (Penerapan Teknik Kalimat Mengalir dan Teknik Paragraf dari Gambar dalam Pemelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X MA Negeri Demak) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Kesulitan siswa dalam membuat paragraf argumentsasi diawali dari kesulitan siswa dalam penentuan tema. Dalam penetuan tema, siswa masih membutuhkan waktu yang relatif lama. Jika hanya berbekal teori yang diberikan guru tanpa penerapan contoh dan praktik yang cukup, siswa akan cenderung kesulitan mengusai cara menentukan tema sebelum beralih ke tahap penyusunan paragraf. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu teknik pembelajaran yang efektif agar mempermudah siswa dalam mempraktikkan menulis paragraf argumentasi. Adapun teknik yang dipilih adalah teknik kalimat mengalir dan teknik paragraf dari gambar. Masalah yang dikaji adalah apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X MA Negeri Demak setelah diberi perlakuan menggunakan teknik kalimat mengalir dan teknik paragraf dari gambar yang efektif digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X MA Negeri Demak setelah mengikuti pembelajaran menggunakan teknik kalimat mengalir dan teknik paragraf dari gambar menggunakan uji t dan mengetahui keefektifan pemelajaran menulis paragraf argumentasi menggunakan teknik kalimat mengalir dan teknik paragraf dari gambar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni dengan desain The Randomized Pretest-Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-3 dan X-4 di MA Negeri Demak. Kelas X-3 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan teknik kalimat mengalir; kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan teknik paragraf dari gambar. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui nilai UAS sebagai data awal untuk menguji sampel. Tes diberikan sebanyak dua kali, yaitu pada saat sebelum dan sesudah perlakuan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X MA Negeri Demak setelah diberi perlakuan dengan teknik kalimat mengalir dan teknik paragraf dari gambar. Kenyataan tersebut dibuktikan hasil uji perbedaan dua rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,95 > 1,99, berarti ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Pembelajaran dengan teknik kalimat mengalir lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan teknik paragraf dari gambar dalam pemelajaran menulis paragraf argumentasi di MA Negeri Demak dengan teknik kalimat mengalir nilai rata-rata tes akhir sebesar 77,98, sedangkan dengan teknik paragraf dari gambar nilai rata-rata sebesar 72,70. Berdasarkan hal tersebut, peneliti memberikan saran supaya guru bahasa Indonesia menerapkan teknik kalimat mengalir dalam pemelajaran menulis paragraf argumentasi karena telah diuji keefektifannya dibandingkan dengan teknik paragraf dari gambar. Peneliti bidang Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk meningkatkan kemampuan menulis, khususnya menulis paragraf argumentasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemelajaran menulis paragraf argumentasi, teknik kalimat mengalir, teknik paragraf dari gambar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 03:31
Last Modified: 10 Jul 2012 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13260

Actions (login required)

View Item View Item