Butir Soal LKS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Grobogan


Dian Okvitarini, 2101404063 (2011) Butir Soal LKS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Butir Soal LKS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Grobogan] Microsoft Word (Butir Soal LKS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Grobogan) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman lapangan permasalahan yang muncul di SD Kandangan 1 Yaitu : 1. Guru SD banyak menggunakan LKS sebagai latihan dan evaluasi pembelajaran 2. Kualitas butir soal pada LKS masih diragukan baik dari segi konstruksi, substansi, dan bahasa yang digunakan. 3. Tingkat validitas, realitas daya beda dan kesukaran butir soal belum teruji. 4. Soal yang keliru dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran dan semangat siswa belajar. Berpijak dari acuan di atas dan melihat kondisi realita LKS di SD Kabupaten Grobogan yang LKS masih diragukan kualitasnya, penulis terdorong untuk mengadakan penelitian dengan judul “Kualitas butir soal LKS mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD di Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif. Materi penelitian yang dijadikan objek adalah LKS Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Butir soal yang diolah dan diperiksa dengan menggunakan teknik. analisis kualitas butir soal pilihan ganda LKS kompak rata-rata dalam paket satu 73.88, paket dua 86,66, paket tiga 90.00, paket empat 86.10, paket lima 88,33. Kualitas butir soal pilihan ganda PBS rata-rata dalam paket satu 73.88, paket dua 86,66, paket tiga 90.00, paket empat 86.10, paket lima 88,33. Kualitas butir soal uraian pada LKS kompak rata-rata dalam paket satu 73.88, paket dua 86,66, paket tiga 90.00, paket empat 86.10, paket lima 88,33. Kualitas butir soal Uraian PBS rata-rata dalam paket satu 73.88, paket dua 86,66, paket tiga 90.00, paket empat 86.10, paket lima 88,33. Berdasarkan hasil penelitian, ada perbedaan kesempurnaan antara Kualitas Butir Soal pada LKS Kompak dan LKS Penunjang Belajar Siswa (PBS) kegiatan analisis soal menggunakan teknik analisisi data. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan penggunaan kedua metode LKS memberikan sumbangsih bagi pembelajaran bahasa Indonesia Kelas V sekolah dasar di Kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas butir soal,LKS bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 03:21
Last Modified: 10 Jul 2012 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13258

Actions (login required)

View Item View Item