Analisis Kontribusi Pendukung Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 3 Jepara

Yusuf Budi Yanuar,, 7101407185 (2011) Analisis Kontribusi Pendukung Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 3 Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan ialah menghasilkan lulusan yang siap kerja dan dapat mengembangkan sikap profesional. Hal ini didukung dengan dikeluarkannya kebijakan pemerintah dengan memperbanyak jumlah SMK. Hal ini dilakukan dengan melihat kondisi masyarakat saat ini bahwa para pencari kerja tidak hanya mengandalkan ijazah saja, akan tetapi juga keterampilan kerja. Namun, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan belum seluruhnya dapat terjun dalam dunia kerja. Hasil observasi awal di SMK Negeri 3 Jepara diperoleh data penelusuran lulusan SMK Negeri 3 Jepara dari tahun 2008-2010. Dari data tersebut menunjukkan bahwa angka jumlah tamatan semakin menurun dan selain itu jumlah angkatan kerjapun mengalami penurunan walaupun memang secara perhitungan masih unggul dari yang melanjutkan ke perguruan tinggi, wiraswasta, belum bekerja/tidak diketahui dan lain-lain. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu bagaimanakah tingkat kesiapan kerja siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 3 Jepara. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat kesiapan kerja pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 3 Jepara. Untuk mengetahui tingkat kesiapan kerja siswa maka dilakukan penelitian kuantitatif dengan metode analisis deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa/siswi kelas XI AP 1, XI AP 2, dan XI AP 3 SMK Negeri 3 Jepara program keahlian administrasi perkantoran yang berjumlah 97 siswa. Variabel yang diteliti yaitu kontribusi pendukung kesiapan kerja siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 3 Jepara dengan indikator nilai-nilai kehidupan, taraf intelegensi, bakat khusus, minat, sifat-sifat, pengetahuan, keadaan jasmani, kelembagaan, kurikulum, materi pembelajaran, strategi mengajar, kegiatan industri, kegiatan mengajar di industri, dunia industri dan sekolah, kepentingan, pengajar, dan tempat belajar. Hasil analisis data tingkat kesiapan kerja siswa yang diperoleh dari penghitungan deskriptif persentase dalam kategori baik dan dinyatakan siap untuk bekerja setelah lulus dari SMK Negeri 3 Jepara dan siap menghadapi tantangan dunia usaha dan industri menjadi tenaga kerja yang berkompeten dibidangnya. Selain itu diharapkan dengan kesiapan kerja yang sudah baik maka potensi siswa dapat tersalurkan dengan baik sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dari kesiapan kerja siswa yang sudah baik, didukung dengan beberapa indikator yang menentukan tingkat kesiapan kerja siswa yaitu meliputi nilai-nilai kehidupan dalam kategori baik dengan persentase sebesar 85%, taraf intelegensi dalam kategori baik dengan persentase sebesar 78%, bakat khusus dalam kategori baik dengan persentase sebesar 80%, minat dalam kategori baik dengan persentase sebesar 83%, sifat-sifat dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 89%, pengetahuan dalam kategori baik dengan persentase sebesar 71%, keadaan jasmani dalam kategori baik dengan persentase sebesar 77%, kelembagaan dalam kategori baik dengan persentase sebesar 82%, kurikulum dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 88%, materi pembelajaran dalam kategori baik dengan persentase sebesar 84%, strategi mengajar dalam kategori baik dengan persentase sebesar 77%, kegiatan industri dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 99%, kegiatan belajar di industri dalam kategori baik dengan persentase sebesar 87%, dunia industri dan sekolah dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 88%, kepentingan dalam kategori baik dengan persentase sebesar 84%, pengajar dalam kategori baik dengan persentase sebesar 86%, dan tempat belajar dalam kategori baik dengan persentase sebesar 84%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa siswa SMK Negeri 3 Jepara kelas XI AP 1, XI AP 2, dan XI AP 3 program keahlian administrasi perkantoran siap untuk menghadapi tantangan dunia kerja setelah lulus dan mampu menjadi tenaga kerja yang berkompeten di bidangnya. Saran dalam penelitian ini adalah siswa hendaknya lebih giat lagi dalam belajar terutama saat kegiatan belajar di sekolah baik teori maupun praktik, menambah waktu belajar dirumah dan menambah jadual berkunjung di perpustakaan, serta lebih meningkatkan keterampilan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan sekolah di luar jam pelajaran atau pelatihan yang ada di tempat kursus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja, Kontribusi Kesiapan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 22:01
Last Modified: 09 Jul 2012 22:01

Actions (login required)

View Item