Pengaruh Motivasi berkoperasi dan Pelayanan Koperasi Terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Menjadi Anggota KOPMA


Fidiana.Rahmawati,, 7101407098 (2011) Pengaruh Motivasi berkoperasi dan Pelayanan Koperasi Terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Menjadi Anggota KOPMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi berkoperasi dan Pelayanan Koperasi Terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Menjadi Anggota KOPMA] Microsoft Word (Pengaruh Motivasi berkoperasi dan Pelayanan Koperasi Terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Menjadi Anggota KOPMA) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Dalam melaksanakan suatu keinginan dalam diri mahasiswa sangat diperlukan adanya motivasi, karena motivasi bukan hanya menjadi penyebab suatu keinginan, namun juga memperlancar untuk mencapai hasil yang optimal, selain motivasi pelayanan juga penting karena pada hakekatnya koperasi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan anggotanya maka tidak lain dari badan yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada anggotanya seramah mungkin. Oleh karena itu minat mahasiswa Fakultas Ekonomi menjadi anggota KOPMA tidak terlepas dari motivasi dan pelayanan. Permasalahan dalam penelitian ini (1) adakah pengaruh motivasi berkoperasi terhadap minat ( 2) adakah pengaruh pelayanan koperasi terhadap minat (3) adakah pengaruh motivasi berkoperasi dan pelayanan koperasi terhadap minat. Penelitian ini bertujuan (1) ada tidaknya pengaruh motivasi berkoperasi terhadap minat (2 ada tidaknya pengaruh pelayanan koperasi terhadap minat (3) ada tidaknya pengaruh motivasi berkoperasi dan pelayanan koperasi terhadap minat. Populasi penelitian sebanyak 1594 anggota. Pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling yang diambil 5,89% dari populasi diperoleh 94 anggota. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, kuesioner, interview kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan regresi berganda menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berkoperasi termasuk dalam kategori baik, pelayanan koperasi dalam kategori sangat baik, dan minat dalam kategori baik. Hasil analisis regresi menunjukkan (1) ada pengaruh motivasi berkoperasi terhadap minat (2) ada pengaruh antara pelayanan koperasi terhadap minat dengan kontribusi sebesar (3) ada pengaruh motivasi berkoperasi dan pelayanan koperasi terhadap minat. Disarankan bahwa Motivasi berkoperasi perlu ditingkatkan lagi dengan cara mengikutsertakan anggota dalam kepengurusan unit usaha pada KOPMA agar para anggota KOPMA aktif dalam mengikuti kegiatan yang diadakannya. Pelayanan koperasi harus ditingkatkan dengan cara memberikan respon yang baik kepada para anggota, lebih tanggap dalam mengatasi masalah yang dialami oleh KOPMA agar para anggota merasa puas atas pelayanan yang ada pada KOPMA, Anggota KOPMA supaya tidak menjadi pasif hendaknya pengurus melakukan pengembangan bagi anggota terutama wawasan perekonomian dan perkoperasian melalui seminar perkoperasian, studi banding ke koperasi lain agar anggota semangat dalam mengikuti kegiatan yang diadakan di KOPMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi berkoperasi, pelayanan koperasi, minat
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 01:06
Last Modified: 10 Jul 2012 01:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13252

Actions (login required)

View Item View Item