Pengaruh Motivasi Belajar, Cara Belajar Dan Kompetensi Professional Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Sma Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011

Yamroni MujiburrohmanLuthfi,, 7101407076 (2011) Pengaruh Motivasi Belajar, Cara Belajar Dan Kompetensi Professional Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Sma Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Grobogan bahwa pencapaian prestasi belajar akuntansi siswa masih belum optimal. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, diantaranya adalah motivasi belajar, cara belajar dan kompetensi profesional guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi belajar, cara belajar, dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011 baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grobogan yang berjumlah 125 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 siswa, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sample. Variabel yang diteliti yaitu motivasi belajar, cara belajar, kompetensi profesional guru, dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Grobogan. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi yaitu Ŷ= 28,823 + 0,334X1 + 0,354X2 + 0,295X3. Dari hasil uji F diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dan menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar, cara belajar, dan kompetensi professional guru terhadap prestasi belajar sebesar 52,9% sedangkan sisanya 47,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 6,86%, ada pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar sebesar 10,82%, dan ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar sebesar 5,15%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar, cara belajar dan kompetensi professional guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Grobogan tahun ajaran 2010/2011, oleh karena itu saran bagi guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui media yang baru sehingga guru diharapkan lebih inovatif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Cara Belajar, Kompetensi Profesional Guru, dan Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 21:00
Last Modified: 09 Jul 2012 21:00

Actions (login required)

View Item