Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pada Siswa Kelas X SMK N 1 Batang.


Ananta Setyo Nugroho, 7101406651 (2010) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pada Siswa Kelas X SMK N 1 Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pada Siswa Kelas X SMK N 1 Batang. ] Microsoft Word (Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pada Siswa Kelas X SMK N 1 Batang. ) - Published Version
Download (16kB)

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan keberhasilan anak didalam belajar, disamping itu juga ada faktor lain yaitu fasilitas belajar yang juga sangat menentukan keberhasilan anak didalam belajar. Begitu urgennya peran faktor tersebut dalam menentukan hasil belajar yang dicapai siswa, maka penulis tertarik melakukan penelitian tentang “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pada Siswa Kelas X SMK N 1 Batang”, dengan tujuan : 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif, 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK N 1 Batang berjumlah 78 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu mengikutsertakan seluruh anggota populasi sebanyak 78 siswa sebagai sampel. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari fasilitas belajar dan motivasi belajar sebagai variabel bebas serta hasil belajar mata pelajaran produktif sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa fasilitas belajar di SMK N 1 Batang telah baik dengan bobot skor 69,91%, motivasi belajar siswa tinggi dengan bobot skor 74,51% dan hasil belajar mata pelajaran produktif siswa termasuk kategori cukup dengan rata-rata nilai 64,69 Hasil analisis regesi ganda memperoleh persamaan regesi = 39,330 + 0,114X1 + 0,290X2. Uji keberartian persamaan regesi secara parsial dengan uji t diperoleh thitung untuk variabel fasilitas belajar sebesar 2,878 dengan probabilitas 0,005 < 0,05 dan untuk variabel motivasi belajar diperoleh thitung sebesar 4,295 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Uji secara simultan dengan uji F diperoleh Fhitung = 49,459 dengan probabiltias 0,000 < 0,05. Dari hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa. Besarnya pengaruh secara simultan adalah 56,9% sedangkan besarnya pengaruh secara parsial dari fasilitas belajar adalah 9,9% dan motivasi belajar adalah 19,7%. Mengacu dari hasil penelitian ini dimana fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa, maka penulis dapat mengajukan saran antara lain : 1. Bagi siswa yang hasil belajarnya masih di bawah ratarata hendaknya berusaha meningkatkan semangat belajarnya dengan cara lebih tekun dalam menghadapi tugas yang di berikan guru,lebih ulet atau tidak mudah putus asa dalam menghadapi suatu masalah, meningkatkan orientasi ke masa depan yang lebih jelas agar dapat mencapai kesuksesan dalam belajarnya serta meningkatkan minat dan perhatian yang tinggi dalam menerima pelajaran. 2. Bagi sekolah hendaknya memperhatikan perawatan peralatan praktik yang sering digunakan siswa untuk praktik di laboratorium, dan perawatan peralatan praktik yang sudah mulai berumur sehingga dapat lebih awet dan maksimal saat digunakan untuk praktik siswa. Selain itu juga perlu menambahkan buku-buku literatur, sehingga dapat lebih menunjang dalam proses belajar mengajar di jurusan administrasi perkantoran agar hasil belajar yang dicapai siswa dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 00:54
Last Modified: 10 Jul 2012 00:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13248

Actions (login required)

View Item View Item