Pengaruh Minat Belajar dan Kesulitan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Dasar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Magelang


Maya Sukma Fitria Oktaviana, 5101407022 (2012) Pengaruh Minat Belajar dan Kesulitan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Dasar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Minat Belajar dan Kesulitan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Dasar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Magelang] Microsoft Word (Pengaruh Minat Belajar dan Kesulitan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Dasar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Magelang) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Dasar konstruksi bangunan adalah salah satu mata pelajaran yang diberikan pada siswa kelas X Jurusan Teknik Bangunan di SMK N 1 Magelang. Prestasi belajar merupakan impian setiap manusia yang sedang dalam tahap belajar. Prestasi belajar dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh beberapa faktor diantaranya minat belajar. Namun kenyataanya ada beberapa siswa yang mempunyai nilai dibawah standar KKM, sehingga siswa mengalami kesulitan belajar pada dirinya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh minat belajar dan kesulitan belajar siswa terhadap prestasi belajar dan seberapa besar pengaruh minat belajar dan kesulitan belajar siswa terhadap prestasi belajar. Tujuan diadakan penelitian ini adalah menelusuri dan mendeskripsikan pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar dan kesulitan belajar siswa terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X jurusan teknik bangunan SMK Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 104 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah minat belajar (X1), kesulitan belajar siswa (X2), dan prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data meliputi metode dokumentasi, metode observasi dan metode angket (kuesioner). Metode analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar yang dimiliki siswa termasuk kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 79,1%. Sedangkan kesulitan belajar siswa termasuk kategori rendah dengan nilai rata-rata 55,0%. Pencapaian prestasi belajar mata pelajaran dasar konstruksi bangunan di SMK Negeri 1 Magelang tahun pelajaran 2011/2012 termasuk kriteria tuntas dengan nilai rata-rata 83,1%. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 76,703 + 0,734X1 - 0,389X2 yang diuji keberartiannya menggunakan uji F dan diperoleh F hitung sebesar 50,665 > F tabel sebesar 3,09, yang berarti Ha diterima atau dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan kesulitan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X jurusan teknik bangunan SMK Negeri 1 Magelang. Besarnya pengaruh minat belajar dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 41,9%. Dari uji t hitung untuk variabel minat belajar sebesar 6,690 dan variabel kesulitan belajar sebesar -5,127, dimana masing thitung kedua variabel lebih besar dari ttabel(1,98). Saran kepada siswa perlu meningkatkan minat belajar yang ada pada dirinya melalui kegiatan koreksi diri bahwa belajar saat ini merupakan tugas yang harus mereka laksanakan dengan sebaik-baiknya sebagai bekal dalam menjalani kehidupan pada masa-masa yang akan datang. Sehingga dapat memperkecil kesulitan yang dialami oleh siswa sehingga prestasi belajar yang di capai akan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Kesulitan Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa DKB.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 20:52
Last Modified: 09 Jul 2012 20:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13237

Actions (login required)

View Item View Item