Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash Professional 8 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sistem Kelistrikan Bodi Kompetensi Teknik Sepeda Motor Pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang


Candra Parmanto, 5201407040 (2011) Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash Professional 8 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sistem Kelistrikan Bodi Kompetensi Teknik Sepeda Motor Pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash Professional 8 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sistem Kelistrikan Bodi Kompetensi Teknik Sepeda Motor Pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash Professional 8 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sistem Kelistrikan Bodi Kompetensi Teknik Sepeda Motor Pada Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pemahaman sistem kelistrikan bodi sepeda motor pada mahasiswa PTM Unnes yang diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah biasa, dan yang menggunakan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif, mengetahui perbedaan kompetensi pemahaman sistem kelistrikan bodi sepeda motor pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif dan ceramah biasa dan seberapa besar peningkatan prestasi belajar pemahaman sistem kelistrikan bodi sepeda motor pembelajaran media pembelajaran interaktif dan ceramah biasa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah mahasiswa PTM Unnes angkatan 2009 terdiri 87 mahasiswa dan diambil 50 mahasiswa sebagai sampel. Hasil analisis data mendapatkan bahwa peningkatan prestasi belajar pemahaman sistem kelistrikan bodi sepeda motor menggunakan metode ceramah biasa meningkatkan rata-rata nilai hasil belajar yang semula 61,14 meningkat menjadi 68,13, sedangkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif meningkatkan rata-rata nilai hasil belajar yang semula 62,27 meningkat menjadi 79,87, Penggunakan media pembelajaran interaktif dapat dikatakan cukup efektif karena peningkatan hasil prestasi belajarnya adalah 28,26% sedangkan penggunaan pembelajaran metode ceramah dapat dikatakan tidak efektif dikarenakan peningkatan hasil belajar hanya sebesar 10,85% sehingga menggunakan media pembelajaran interaktif lebih baik dibandingkan hasil belajar menggunakan pembelajaran metode ceramah biasa. Hasil analisis uji-t juga menguatkan adanya perbedaan kompetensi pemahaman sistem kelistrikan bodi sepeda motor antara mahasiswa yang diberi pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif dengan pembelajaran metode ceramah biasa. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar pemahaman sistem kelistrikan bodi sepeda motor dengan menggunakan media pembelajaran interaktif melalui animasi dengan Software macromedia flash profesional 8 pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, media interaktif flash, sistem kelistrikan bodi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 20:42
Last Modified: 09 Jul 2012 20:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13234

Actions (login required)

View Item View Item