Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Proses Belajar Mengajar Dengan Multimedia Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Bensin (Karburator) Kelas XI TKR 1 Di SMK Wisudha Karya Kudus Tahun 2011/2012


Rifki Atmaja, 5201407008 (2011) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Proses Belajar Mengajar Dengan Multimedia Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Bensin (Karburator) Kelas XI TKR 1 Di SMK Wisudha Karya Kudus Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Proses Belajar Mengajar Dengan Multimedia Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Bensin (Karburator) Kelas XI TKR 1 Di SMK Wisudha Karya Kudus Tahun 2011/2012] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Proses Belajar Mengajar Dengan Multimedia Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Bensin (Karburator) Kelas XI TKR 1 Di SMK Wisudha Karya Kudus Tahun 2011/2012) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang berupa rekap nilai yang dilakukan di SMK Wisudha Karya, nilai capaian yang diperoleh siswa kelas TKR 1 masih kurang maksimal. Banyak siswa yang belum dapat mencapai KKM yang ditentukan. Peneliti berharap dengan penggunan model pembelajaran dengan multimedia tersebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas tersebut.Permasalahan dalam penelitian ini adalah Seberapa Besar Peningkatan Hasil Belajar Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Bensin (Karburator) Siswa Kelas XI TKR 1 Dengan Menggunakan Multimedia.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Seberapa Besar Peningkatan HasilBelajar Pada KompetensiSistem Bahan Bakar Bensin (Karburator) Siswa Kelas XI TKR 1 Dengan Menggunakan Multimedia. Penelitian ini dengan menggunakan multimedia, yang dimana penelitian ini menggunakan LCD Proyektor untuk menampilkan materi. Dan menyusun materi yang di tuangkan kedalam sebuah modul. Pembelajarannya dengan cara pembagian modul dan kemudian pada saat pemberian materi juga ditampilkan sebuah video yang dimana berfungsi agar siswa-siswa lebih memahami materi. Metode penelitiannya menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, yang akan ditempuh dalam II siklus, dimana saats iklus I hasil yang dicapai adalah (61,35) atau kurang dari KKM (70,0), yang kemudian dilanjutkan melaksanakan proses siklus II yang menghasilkan nilai (71,84) atau lebih dari siklus I dan lebih dari nilai KKM (70,0). Dikarenakan pada penelitian ini hanya menginginkan hasil belajar memenuhi KKM dan lebih baik dari pembelajaran yang biasa digunakan pada SMK Wisudha Karya, maka penelitian ini dihentikan pada siklus II.Walaupun hasil ini masih bisa ditingkatkan namun sudah merasa cukup dengan hasil yang dicapai dalam II Siklus ini. Simpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan menggunakan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Proses Belajar Mengajar, Multimedia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 20:38
Last Modified: 09 Jul 2012 20:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13233

Actions (login required)

View Item View Item