Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar SMK berdasarkan KTSP


Muhammad Irfan, 5301406029 (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar SMK berdasarkan KTSP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar SMK berdasarkan KTSP] Microsoft Word (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar SMK berdasarkan KTSP) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Guru Teknik Elektro di SMK Dr. Tjipto Ambarawa belum pernah mengembangkan perangkat pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar. Perangkat pembelajaran merupakan sarana penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas memerlukan suatu konsep pembelajaran yang mampu mengaitkan antara materi pelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat bertahan lama dan lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran teknik elektronika analog dan digital dasar yang diterapkan pada siswa SMK Dr. Tjipto Ambarawa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah perangkat pembelajaran teknik elektronika analog dan digital dasar yang dikembangkan sudah memenuhi syarat untuk pembelajaran siswa SMK. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan Research and Development (R&D) di SMK Dr. Tjipto Ambarawa (kelas X TKJ) dengan jumlah peserta didik 20 orang. Data kelayakan modul diukur dengan instrumen penilaian buku teks dari Permen (Pearaturan Pemerintah) nomor 41 tahun 2007, tanggapan ahli pengembang perangkat pembelajaran, tanggapan ahli materi dan tanggapan peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria umum, tanggapan ahli pengembang perangkat pembelajaran dan ahli materi menunjukkan perangkat pembelajaran telah layak digunakan dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran teknik elektronika analog dan digital dasar dinilai menarik, isi dan tata bahasa mudah dipahami, sistem penyajian runtut dan sistematis dan ada kesesuaian antara SK (Standar Kompetensi) dengan KD (Kompetensi Dasar). Berdasarkan tanggapan siswa, materi ajar dan jobsheet telah memenuhi kebutuhan dalam pembelajaran pada siswa SMK. Simpulan penelitian ini adalah secara umum perangkat pembelajaran teknik elektronika analog dan digital dasar telah layak digunakan dalam pembelajaran dan sudah memenuhi kebutuhan siswa SMK, tetapi supaya lebih sempurna, perangkat pembelajaran masih perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran, SMK, Teknik elektronoka analog dan digital dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 07:11
Last Modified: 09 Jul 2012 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13230

Actions (login required)

View Item View Item