Model Pembelajaran Permainan Bola Voli Passing Atas dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Perkebunan Sengon pada Siswa Kelas V SD N 2 Kliris Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2010/2011
Erik Septa Santosa, 6102909198 (2011) Model Pembelajaran Permainan Bola Voli Passing Atas dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Perkebunan Sengon pada Siswa Kelas V SD N 2 Kliris Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Model Pembelajaran Permainan Bola Voli Passing Atas dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Perkebunan Sengon pada Siswa Kelas V SD N 2 Kliris Kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (27kB) |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model permainan bola voli passing atas yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD N 2 Kliris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permainan bola voli passing atas yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD N 2 Kliris yang berupa model pembelajaran melalui pembelajaran passing atas pada permainan bola voli melalui pendekatan lingkungan perkebunan sengon bagi siswa kelas V SD N 2 Kliris dalam pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan sepakbola di lingkungan rekreasi), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (melibatkan 10 siswa) sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (melibatkan 30 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran passing atas pada permainan bola voli dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan perkebunan sengon bagi siswa kelas V SD N 2 Kliris yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil (10 siswa kelas V SD N 2 Kliris), dan uji lapangan (30 siswa kelas V SD N 2 Kliris). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli lebih dari 4 (kategori baik), persentase hasil uji coba kelompok kecil 87% (baik), dan persentase hasil uji lapangan 88,78% (baik). Berdasarkan data tersebut maka pengembangan pembelajaran passing atas pada permainan bola voli dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan perkebunan sengon ini dapat digunakan untuk siswa kelas V SD N 2 Kliris Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar diharapkan menerapkan produk model pembelajaran passing atas pada permainan bola voli dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan perkebunan sengon pada siswa kelas V dan dapat mengembangkan pembelajaran yang menarik lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 09 Jul 2012 07:05 |
Last Modified: | 09 Jul 2012 07:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13228 |
Actions (login required)
View Item |