Model Pembelajaran memperkenalkan KIT Atletik melalui permainan estafet sirkuit di kebunan jati siswa kelas V SD Negeri Mangunsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang Tahun 2011
Didi Sahuri Hado Salio, 6102909193 (2011) Model Pembelajaran memperkenalkan KIT Atletik melalui permainan estafet sirkuit di kebunan jati siswa kelas V SD Negeri Mangunsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Model Pembelajaran memperkenalkan KIT Atletik melalui permainan estafet sirkuit di kebunan jati siswa kelas V SD Negeri Mangunsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang Tahun 2011)
- Published Version
Download (26kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran memperkenalkan Kit Atletik melalui permainan estafet sirkuit bagi siswa kelas V Sekolah Dasar dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melalakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi,termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan estafet sirkuit di kebun jati), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir modifikasi model permainan estafet sirkuit untuk siswa kelas V SD Negeri Mangunsari yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli Pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa Kelas V SD Negeri Mangunsari), dan uji lapangan ( 20 siswa Kelas IV dan V SD Negeri Mangunsari). Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektik siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 85,31 % (baik), ahli Pembelajaran I 86,64 % (baik), ahli Permbelajaran II 91,97 % (sangat baik), , uji coba kelompok kecil 88,66 % (baik), dan uji lapangan 86,5 % (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran memperkenalkan KIT Atletik melalui permainan estafet sirkuit dikebun jati ini dapat digunakan bagi siswa kelas V SD Negeri Mangunsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjasorkes SD untuk menggunakan produk model pembelajaran memperkenalkan KIT Atletik melalui permainan estafet sirkuit di kebun jati ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 09 Jul 2012 06:59 |
Last Modified: | 09 Jul 2012 06:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13226 |
Actions (login required)
View Item |