Pengaruh Pemberian Air Minum terhadap Kelelahan Pekerja di Pembuatan Tahu Ero Kendal,


Siti Jamilah., 6450407128 (2012) Pengaruh Pemberian Air Minum terhadap Kelelahan Pekerja di Pembuatan Tahu Ero Kendal,. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pemberian Air Minum terhadap Kelelahan Pekerja di Pembuatan Tahu Ero Kendal,] Microsoft Word (Pengaruh Pemberian Air Minum terhadap Kelelahan Pekerja di Pembuatan Tahu Ero Kendal,) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Paparan panas yang melebihi nilai ambang batas ditempat kerja dapat meningkatkan kelelahan kerja. Salah satu cara untuk mengurangi kelelahan kerja adalah dengan pemberian air minum. Berdasarkan studi awal paparan panas di tempat kerja melebihi nilai ambang batas menurut Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor: Kep-51/MEN/1999 tentang nilai ambang batas iklim kerja berdasarkan Indeks Suhu Basah dan Bola (ISBB) dengan beban kerja sedang selama 8 jam/hari dan waktu kerja 75% kerja, 25% istirahat sebesar 28,0oC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian air minum terhadap kelelahan kerja di pembuatan tahu Ero Kendal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Jumlah populasi 12 orang dengan 6 orang sampel sebagai kelompok eksperimen dan 6 orang sampel sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pemberian air minum. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji Shapiro Wilk untuk uji normalitas data, uji Spearman Rank, uji Wilcoxon Match Pairs Test dan uji Mann Whitney dengan tingkat kepercayaan 95% dan alpha (α) 0,05. Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman Rank antara kelelahan sebelum dan sesudah kelompok eksperimen (p=0.042) dengan koefisien korelasi (0.829), menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat pada kelompok eksperimen, lalu kelompok kontrol (p = 0.111) dengan koefisien korelasi (0.714), menunjukkan tidak adanya hubungan yang kuat pada kelompok kontrol. Kemudian analisis uji Wilcoxon Match Pairs Test pada kelompok ekperimen (p= 0.753), menunjukkan tidak adanya pengaruh antara kelelahan sebelum dan sesudah bekerja dan uji Wilcoxon Match Pairs Test tidak dapat dilanjutkan pada kelompok kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pemberian air minum dengan kelelahan pekerja kelompok eksperimen, tidak ada hubungan antara pemberian air minum dengan kelelahan pekerja kelompok kontrol dan tidak adanya pengaruh pemberian air minum terhadap kelelahan pekerja di tempat pembuatan tahu Ero Kendal. Saran untuk Tempat Pembuatan Tahu Ero adalah pengukuran lingkungan kerja secara berkala khususnya mengenai paparan panas, penyediaan air minum yang berkelanjutan, pelatihan dan penyuluhan, serta mengusulkan pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ke Dinas Kesehatan bagi para pemilik usaha tahu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Paparan panas, kelelahan kerja, pemberian air minum
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 06:57
Last Modified: 09 Jul 2012 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13224

Actions (login required)

View Item View Item