Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Kecil dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Saluran Irigasi pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Blimbing Kecamatan Boja Kabupaten Kendal


Ali Arifin, 6102909132 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Kecil dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Saluran Irigasi pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Blimbing Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Kecil dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Saluran Irigasi pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Blimbing Kecamatan Boja Kabupaten Kendal] Microsoft Word (Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Kecil dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Saluran Irigasi pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Blimbing Kecamatan Boja Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran penjasorkes di sekolah dari segi kualitas dan kuantitas menjadi salah satu alasan kurang berkembangnya pembelajaran penjasorkes. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan pembelajaran permainan kecil dalam Penjasorkes melalui pendekatan saluran irigasi pada siswa kelas V SD N 1 Blimbing Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model permainan kecil yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas V SD N 1 Blimbing yang berupa model pembelajaran melalui permainan kecil melalui pendekatan lingkungan saluran irigasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan kecil melalui pendekatan saluran irigasi), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (melibatkan 10 siswa) sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (melibatkan 22 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran permainan kecil melalui pendekatan lingkungan saluran irigasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil (10 siswa kelas V SD Negeri 1 Blimbing), dan uji lapangan (22 siswa kelas V SD Negeri 1 Blimbing). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh nilai evaluasi ahli lebih dari 4 (kategori baik), persentase hasil uji coba kelompok kecil 81,33% (baik), dan persentase hasil uji lapangan 88,94% (baik). Berdasarkan data tersebut maka model pembelajaran permainan kecil melalui pendekatan saluran irigasi ini dapat digunakan untuk siswa kelas V SD Negeri 1 Blimbing. Peneliti merekomendasikan bahwa guru pendidikan jasmani di SD menerapkan produk model pembelajaran permainan kecil melalui pendekatan saluran irigasi pada siswa kelas V dalam pembelajaran Penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 06:48
Last Modified: 09 Jul 2012 06:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13222

Actions (login required)

View Item View Item