Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Luar Sekolah pada Siswa Kelas IV SD Negeri Salamsari Kecamatan Boja Kabupaten Kendal


Winarni, 6102909022 (2011) Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Luar Sekolah pada Siswa Kelas IV SD Negeri Salamsari Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Luar Sekolah pada Siswa Kelas IV SD Negeri Salamsari Kecamatan Boja Kabupaten Kendal] Microsoft Word (Model Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok dalam Penjasorkes Melalui Pendekatan Lingkungan Luar Sekolah pada Siswa Kelas IV SD Negeri Salamsari Kecamatan Boja Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan lingkungan luar sekolah pada siswa kelas IV SD Negeri Salamsari Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV SD Negeri Salamsari melalui pendekatan lingkungan luar sekolah dalam pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan lingkungan luar sekolah), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (melibatkan 10 siswa) sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (melibatkan 32 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan lingkungan luar sekolah yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil (10 siswa), dan uji lapangan (32 siswa). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap respon siswa pada aspek psikomotorik (ketrampilan), kognitif (pengetahuan), dan afektif (nilai sikap) siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli lebih dari 4 (kategori baik), persentase hasil uji coba kelompok kecil 85% (baik), dan persentase hasil uji lapangan 81,19% (baik). Berdasarkan data tersebut maka pengembangan model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan lingkungan luar sekolah ini dapat digunakan untuk siswa kelas IV SD Negeri Salamsari Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Peneliti merekomendasikan kepada guru Pendidikan Jasmani di sekolah dasar untuk menerapkan produk model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan lingkungan luar sekolah pada siswa kelas IV dalam pembelajaran Penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 06:31
Last Modified: 09 Jul 2012 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13216

Actions (login required)

View Item View Item