Implementasi Pembelajaran IPS Terpadu berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).


Kartika Candra Dewi , 3101404012 (2009) Implementasi Pembelajaran IPS Terpadu berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Pembelajaran IPS Terpadu berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).]
Preview
PDF (Implementasi Pembelajaran IPS Terpadu berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) meminta setiap sekolah bisa mengembangkan kurikulumnya sendiri sesuai dengan kondisi sekolah tersebut. Pada pembelajaran IPS Terpadu, guru dituntut mengembangkan dan menyesuaikan pelajaran dengan kurikulum tersebut. Gambaran mengenai Implementasi Pembelajaran IPS Terpadu berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri se-Kecamatan Tayu permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri Se-Kecamatan Tayu Kabupaten Pati?, (2) apa faktor penghambat dan pendukung implementasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP Negeri Se-Kecamatan Tayu Kabupaten Pati?, (3) bagaimana dampak implementasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap semangat belajar siswa di SMP Negeri Se-Kecamatan Tayu Kabupaten Pati?. Fokus dalam penelitian ini adalah Implementasi Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri se-Kecamatan Tayu yang secara garis meliputi pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri se-Kecamatan Tayu, serta dampak implementasi pembelajaran IPS Terpadu berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri se-Kecamatan Tayu terhadap semangat belajar siswa. Untuk memperoleh data digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data digunkan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai implementasi pembelajaran IPS Terpadu berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMP Negeri se-Kecamatan Tayu menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar guru IPS Terpadu masih terbatas hanya mengetahui garis besar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Sebagian besar guru hanya memahami pengertian mengenai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Standar Isi (SI) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pemahaman mengenai KTSP juga masih beragam. Di satu sisi ada yang menyatakan bahwa KTSP tidak lain adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), (2) faktor pendukung implementasi pembelajaran IPS Terpadu berdasarkan KTSP meliputi: (a) sarana dan prasarana pembelajaran secara kuantitas maupun kualitas sudah cukup memadai, (b) adanya kerjasama MGMP sekolah dalam menyusun proses pembelajaran secara bersama-sama dan adanya rapat yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa, (c) adanya sistem penilaian terhadap kinerja para guru IPS Terpadu dan semangat belajar siswa mengenai IPS Terpadu. Faktor penghambat implementasi pembelajaran IPS Terpadu berdasarkan KTSP meliputi (d) lemahnya kemampuan guru dimana guru harus mengajar lebih dari satu pokok pelajaran, (e) terbatasnya dana, waktu, tenaga dalam penggunaan media pembelajaran dan (f) kurangnya kesiapan siswa dalam belajar mandiri, (3) Implementasi KTSP mempengaruhi senangat belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan kreativitas siswa yang semakin berkmbang dan hasil belajar yang lebih baik. Dari hasil penelitian disarankan bahwa pemerintah harus lebih serius dalam penyempurnaan kurikulum dengan menyelenggarakan berbagai seminar, workshop dan pelatihan-pelatihan bagi guru. Guru IPS Terpadu harus lebih kreatif dan profesional dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan metode dan media juga harus lebih ditingkatkan untuk meningkatkan hasil belajar. Sumber belajar yang digunakan lebih lengkap dan tidak bergantung dari buku paket saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, IPS Terpadu, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D204 Modern History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Apr 2011 03:56
Last Modified: 25 Apr 2015 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item