Pengembangan model pembelajaran penjasorkes di luar sekolah dengan media jalan gang sebagai lintasan lari siswa kelas IV SD Negeri Lamper Lor Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang Tahun Ajaran 2011


Dwi Robi Susanto, 6102909171 (2011) Pengembangan model pembelajaran penjasorkes di luar sekolah dengan media jalan gang sebagai lintasan lari siswa kelas IV SD Negeri Lamper Lor Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang Tahun Ajaran 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan model pembelajaran penjasorkes di luar sekolah dengan media jalan gang sebagai lintasan lari siswa kelas IV SD Negeri Lamper Lor Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang Tahun Ajaran 2011] Microsoft Word (Pengembangan model pembelajaran penjasorkes di luar sekolah dengan media jalan gang sebagai lintasan lari siswa kelas IV SD Negeri Lamper Lor Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang Tahun Ajaran 2011) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah bagaimana dengan model pembelajaran lari melalui media jalan sebagai lintasan lari pada pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran lari melalui permainan lari bolak-balik bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melalakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi,termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan lari bolak - balik), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama. revisi produk berdasarkan basil dan evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir modifikasi model pembelajaran lari untuk siswa kelas IV SD Negeri Lamper Lor Kecamatan semarang Selatan yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 84% (baik), ahli Pembelajaran I 82% (baik), ahli Permbelajaran II 85% (baik), , uji kelompok kecil 88,33% (baik), dan uji lapangan 81,33% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran lari dengan menggunakan media jalan gang sebagai lintasan lari ini dapat digunakan bagi siswa kelas IV SD Negeri Lamper Lor Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjasorkes SD untuk menggunakan produk model pembelajaran lari melalui media jalan gang sebagai lintasan lari dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan model pembelajaran penjasorkes
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 01:48
Last Modified: 09 Jul 2012 01:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13189

Actions (login required)

View Item View Item