Minat Guru Penjasorkes Dalam Modifikasi Alat Pembelajaran Di SD Negeri Se- Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2011


Titi Haryani, 6101407111 (2011) Minat Guru Penjasorkes Dalam Modifikasi Alat Pembelajaran Di SD Negeri Se- Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Minat Guru Penjasorkes Dalam Modifikasi Alat Pembelajaran Di SD Negeri Se- Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2011] Microsoft Word (Minat Guru Penjasorkes Dalam Modifikasi Alat Pembelajaran Di SD Negeri Se- Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2011) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah “Bagaimana Minat Guru Penjasorkes Dalam Modifikasi Alat Pembelajaran Di SD Negeri Se- Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes tahun 2011”?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Minat Guru Penjasorkes Di SD Negeri Se- Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2011 terhadap modifikasi alat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini seluruh Guru Penjasorkes yang berada di SD Negeri Se- Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2011 berjumlah 60 Sekolah Dasar. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu pengambilan sampel bertujuan, tujuannya mencari sekolah yang terdapat guru penjasorkesnya saja. Sehingga jumlah sampel adalah 35 guru. Variabel tunggal dalam penelitian ini adalah Minat Guru Penjasorkes Di SD Negeri Se- Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2011 terhadap modifikasi alat pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas menggunakan rumus prodact moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif prosentatif. Berdasarkan analisis data diperoleh gambaran faktor instrinsik indikator sikap 74,00% termasuk sangat tinggi, 23,00% termasuk tinggi, 3,00% termasuk rendah, deskripsi data kemauan 69,00% termasuk sangat tinggi, 31,00% termasuk tinggi, deskripsi data keingintahuan 31,00% termasuk sangat tinggi, 63,00% termasuk tinggi, 6,00% termasuk rendah, deskripsi data ketekunan 43,00% termasuk sangat tinggi, 57,00% termasuk tinggi, deskripsi data perhatian 37,00% termasuk sangat tinggi, 63,00% termasuk tinggi, 12,50%. Gambaran data faktor ekstrinsik indikator dorongan 40,00% termasuk sangat tinggi, 57,00% termasuk tinggi, 3,00% termasuk rendah, deskripsi data sumber dana 17,00% termasuk sangat tinggi, 69,00% termasuk tinggi, 14,00% termasuk rendah, deskripsi data fasilitas 34,00% termasuk sangat tinggi, 31,00% termasuk tinggi, 26,00% termasuk rendah, 9,00% termasuk sangat rendah, deskripsi data penghargaan 31,00% temasuk sangat tinggi, 49,00% termasuk tinggi, 20,00% termasuk rendah. Dengan demikian diberikan informasi bahwa Minat Guru Penjasorkes Dalam Modifikasi Alat Pembelajaran Di SD Negeri Se- Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun 2011 yaitu 74,00% tergolong tinggi. Saran yang penulis sampaikan bagi pihak sekolah diharapkan memberikan dukungan terhadap kegiatan pembelajaran penjasorkes sehingga menghasilkan hasil yang maksimal, bagi guru penjasorkes diharapkan guru selalu bermodifikasi dalam penyediaan alat pembelajaran karena dengan kemajuan teknologi yang maju penyediaan alat pembelajaran semakin dibutuhkan sesuai dengan karakteristik pokok bahasan yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 01:43
Last Modified: 09 Jul 2012 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13187

Actions (login required)

View Item View Item