Pembinaan Prestasi Sepak Takraw di Pusat Pelatihan Olahraga Banyumas (PPOB) Kabupaten Banyumas Tahun 2011


Joni PancaWardana, 6101407089 (2011) Pembinaan Prestasi Sepak Takraw di Pusat Pelatihan Olahraga Banyumas (PPOB) Kabupaten Banyumas Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembinaan Prestasi Sepak Takraw di Pusat Pelatihan Olahraga Banyumas (PPOB) Kabupaten Banyumas Tahun 2011] Microsoft Word (Pembinaan Prestasi Sepak Takraw di Pusat Pelatihan Olahraga Banyumas (PPOB) Kabupaten Banyumas Tahun 2011) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah Pembinaan Prestasi Sepak Takraw di Pusat Pelatihan Olahraga Banyumas (PPOB) Kabupaten Banyumas yang meliputi: organisasi, atlet, pelatih, pelaksanaan program pembinaan, sarana dan prasarana, danprestasi?.Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pembinaan prestasi sepak takraw yang dilaksanakan di Pusat Pelatihan Olahraga Banyumas (PPOB) Kabupaten Banyumas. Kegunaan hasil penelitian ini antara lain sebagai sumbangan informasi yang dapat dipakai sebagai bahan masukan bagi pembinaan prestasi olahraga sepak takraw untuk pencapaian prestasi optimal, untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan cabang olah raga sepak takraw di Indonesia, memperluas wawasan dalam pengembangan dimensi mahasiswa khususnya yang berkaitan dengan pembinaan prestasi olahraga, hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi pelatih, pengajar, dan pendidik untuk melihat perkembangan anak didiknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Pusat Pelatihan Olahraga Banyumas (PPOB). Dalam pengambilan data diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat komponen yang saling berinteraksi yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian mengenai proses pembinaan prestasi sepaktakraw di Pusat Pelatihan Olahraga Banyumas (PPOB) tahun 2011 adalah 1) Keadaan organisasi PPOB cukup baik dan mengalami perkembangan 2) Kualitas atletnya sudah baik 3) Sarana dan prasarana yang dimiliki sudah lengkap tetapi belum mempunyai tempat latihan/ GOR sendiri. 4) Pelatih yang menangani Pusat Pelatihan Olahraga Banyumas (PPOB) sudah mempunyai lisensi pelatih. 5) Pelaksanaan program pembinaan Pusat Pelatihan Olahraga Banyumas (PPOB) telah berjalan sesuai dengan program yang direncanakan. 5) Prestasi yang dicapai sampai saat ini sangat baik dan selalu mengalami kemajuan. Simpulan dari penelitian ini adalah PPOB merupakan organisasi olahraga yang terstruktur dengan baik dan memiliki prestasi yang baik. Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) PPOB hendaknya meningkatkan serta mempertahan kanjalannya kegiaatan organisasi dan pelaksana pembinaan yang telah berjalan dengan baik agar menjadi lebih baik lagi. 2) Kepada pelatih PPOB untuk lebih tegas kepada para atletnya agar para atlet tetap berlatih terus-menerus dan disiplin. 3). Kepada para atlet Pusat Pelatihan Olahraga Banyumas (PPOB) agar tetap rajin berlatih agar kemampuan yang telah dilatih terus meningkat, agar bisa tampil dengan maksimal saat menghadapi kompetisi-kompetisi yang sering diikuti oleh PPOB. 4) Prasarana untuk latihan harus sudah mempunyai sendiri/ tidak menyewa lagi. 5) Untuk peningkatan prestasi hendaknya dilakukan pertandingan ujicoba yang lebih banyak lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 01:37
Last Modified: 09 Jul 2012 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13185

Actions (login required)

View Item View Item