Model Pembelajaran Gerak Dasar Lompat dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Pemanfaatan Area Kebun Mangga pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bulusari 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010-2011


Umi Kulsum, 6102909155 (2011) Model Pembelajaran Gerak Dasar Lompat dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Pemanfaatan Area Kebun Mangga pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bulusari 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Gerak Dasar Lompat dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Pemanfaatan Area Kebun Mangga pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bulusari 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010-2011] Microsoft Word (Model Pembelajaran Gerak Dasar Lompat dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Pemanfaatan Area Kebun Mangga pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bulusari 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010-2011) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terbatasnya sarana dan prasarana yang ada, dengan keadaan halaman yang berpaving sehingga siswa dalam mengikuti pembelajaran gerak dasar lompat sering mengalami cidera, minat siswa juga berkurang. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana bentuk pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lompat dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Pemanfaatan Area Kebun Mangga pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bulusari 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010-2011? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bentuk Model Pembelajaran Gerak Dasar Lompat dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Pemanfaatan Area Kebun Mangga pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bulusari 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2010-2011. Penelitian ini menggunakan metode berbasis pengembangan (Research-based development). Subjek uji coba terdiri dari 3 ahli pembelajaran, kelompok skala kecil sebanyak 10 siswa kelas IV SD Negeri Bulusari 02 dan kelompok skala besar sebanyak 38 siswa kelas IV SD Negeri Bulusari 02. Pengambilan sampel dengan cara teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dianalisis dengan deskriptif prosentase. Hasil analisis data dari ahli pembelajaran pada skala kecil sebesar 84,88%, dan dari siswa skala kecil sebesar 87,66%. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan maka produk model pembelajaran gerak dasar lompat di area kebun mangga telah memenuhi kriteria baik dan layak diujicobakan pada penelitian skala besar. Hasil analisis uji coba skala besar sebesar 93,63%. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan maka produk model pembelajaran gerak dasar lompat di area kebun mangga telah memenuhi kriteria sangat baik, sehingga produk model pembelajaran gerak dasar lompat di area kebun mangga dapat digunakan untuk siswa sekolah dasar. Dari analisis data diperoleh kajian 1). Produk model pembelajaran gerak dasar lompat dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Pemanfaatn Area Kebun Mangga sudah sangat baik sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran siswa SD Negeri Bulusari 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, 2). Pemanfaatan Area Kebun Mangga sangat berpengaruh positif dalam proses Pembelajaran gerak dasar lompat. Saran peneliti kepada guru penjas. 1). Untuk dapat memanfaatkan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekitar, 2). Dapat membuat modifikasi model-model pembelajaran yang menarik sehingga siswa tidak bosan dan tetap termotivasi, 3). Dapat membantu mengembangkan lingkungan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Gerak Dasar Lompat
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 01:24
Last Modified: 09 Jul 2012 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13180

Actions (login required)

View Item View Item