Simulasi Praktikum Sebagai Pengembangan Sisitem Pembelajaran Maya Berbasis Web Yang Dibangun di Jurusan Fisika


Warih Sri Anjari, 4201402042 (2006) Simulasi Praktikum Sebagai Pengembangan Sisitem Pembelajaran Maya Berbasis Web Yang Dibangun di Jurusan Fisika. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Simulasi Praktikum Sebagai Pengembangan Sisitem Pembelajaran Maya Berbasis Web Yang Dibangun di Jurusan Fisika]
Preview
PDF (Simulasi Praktikum Sebagai Pengembangan Sisitem Pembelajaran Maya Berbasis Web Yang Dibangun di Jurusan Fisika) - Published Version
Download (626kB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi telah membawa suasana baru dalam dunia pembelajaran. Ketersediaan jaringan internet merupakan sumber daya yang besar peranannya dalam menyebarkan ide-ide baru dalam metode pembelajaran. Jurusan Fisika saat ini memiliki halaman web dan server tersendiri yang merupakan fasilitas intranet yang masih dapat dioptimalkan. Dengan adanya internet dan intranet dapat dikembangkan sistem pembelajaran maya berbasis web dimana pembelajarannya ditekankan pada proses belajar mandiri. Ada salah satu aspek yang mempengaruhi keberhasilan belajar, yaitu adanya pengalaman nyata yang dikenal dengan praktikum, salah satu media yang digunakan yaitu komputer dengan program aplikasi. Dalam penelitian ini dibuatlah sebuah simulasi praktikum maya pokok bahasan gerak harmonis sederhana, gerak harmonis teredam, dan ayunan sederhana dengan menggunakan Macromedia Flash MX 2004, untuk mendukung sistem pembelajran maya berbasis web. Aplikasi yang dibuat pada program ini berupa simulasi gerak sebuah pegas yang diiringi pergerakan grafik x(t) dan v(t) dan gerak ayunan sederhana. Untuk mengukur baik tidaknya program tersebut digunakan metode cheklist yang dilakukan oleh penulis sendiri serta angket manual yang disebar kepada mahasiswa yang mengikuti kuliah Fisika Dasar I tahun ajaran 2005/2006. Dari pembuatan simulasi praktikum dihasilkan program dengan kategori cukup (66.7%). Hal ini dapat dilihat dari hasil angket dimana pengguna/praktikan merasa puas dengan program tersebut (71%), mudah dalam penggunaan (70%), sistem navigasi (75%), rancangan grafis (62%), isi yang sesuai (71%), Dan individual impact (73%). Oleh karena dalam penelitian program dikategorikan cukup, maka bisa ditingkatkan dan dikembangkan. Karena respon mahasiswa cukup baik, maka perlu dikembangkan program serupa dengan materi dan fenomena yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Simulasi Praktikum, Web, Gerak Harmonis Sederhana, Gerak Harmonis Teredam, Ayunan Sederhana
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2011 03:18
Last Modified: 25 Apr 2015 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item