Modifikasi Model Pembelajaran Passing Bawah Melalui Pemanfaatan Dinding Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas V SD Negeri Blubuk 04 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
Eko Saputro, 6102909147 (2011) Modifikasi Model Pembelajaran Passing Bawah Melalui Pemanfaatan Dinding Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas V SD Negeri Blubuk 04 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Modifikasi Model Pembelajaran Passing Bawah Melalui Pemanfaatan Dinding Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas V SD Negeri Blubuk 04 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran bola voli mini melalui permainan pemanfaatan dinding lingkungan sekolah bagi siswa sekolah dasar dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan yang telah dimodifikasi, yaitu : (1) melakukan penelitian terlebih dahulu dan mengumpulkan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan produk awal (berupa model permainan bola voli mini dengan pemanfaatan dinding) (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk utama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji skala besar, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji skala besar, (7) hasil akhir model pembelajaran bola voli mini melalui pemanfatan dinding lingkungan sekolah bagi siswa sekolah dasar di tegal yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari kelompok kecil dan uji kelompok besar, Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psisikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli penjas 78.66% (baik), ahli pembelajaran I 72.00% (baik), ahli pembelajaran II 73.83% (baik), uji coba kelompok kecil 83.82 % (baik) dan uji kelompok besar 93.72% (sangat baik). Dalam uji kelompok besar didapat aspek kognitif, 78,58% (baik), afektif 100% (sangat baik) dan psikomotor 69,97% (cukup baik), dan pengamatan permainan 74,20%. Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa Modifikasi Model Pembelajaran Passing Bawah Melalui Pemanfaatan Dinding Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Mini ini dapat digunakan bagi Siswa Kelas V SD Negeri Blubuk 04 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru pendidikan jasmani di sekolah dasar untuk menggunakan produk Modifikasi Model Pembelajaran Passing Bawah Melalui Pemanfaatan Dinding Lingkungan Sekolah pada permainan bola voli mini pada pembelajaran pendidikan jasmnai olahraga dan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modifikasi Model Pembelajaran Passing Bawah |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Jul 2012 01:22 |
Last Modified: | 09 Jul 2012 01:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13179 |
Actions (login required)
View Item |