Pengembangan model pembelajaran permainan sepakbola satu gawang melalui pendekatan lahan kosong dalam Penjasorkes bagi siswa kelas IV dan V SD Negeri 2 Jambu Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara Tahun 2011
Akhmad Toha, 6102909137 (2011) Pengembangan model pembelajaran permainan sepakbola satu gawang melalui pendekatan lahan kosong dalam Penjasorkes bagi siswa kelas IV dan V SD Negeri 2 Jambu Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengembangan model pembelajaran permainan sepakbola satu gawang melalui pendekatan lahan kosong dalam Penjasorkes bagi siswa kelas IV dan V SD Negeri 2 Jambu Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara Tahun 2011)
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian inii adalah bagaimanan bentuk pengembangan bermain sepakbola dengan menggunakan satu gawang melalui kajian lingkungan tanah atau kebun kosong bagi siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola satu gawang bagi siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi,termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan sepakbola satu gawang), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama. revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir modifikasi model permainan sepakbola satu gawang untuk siswa kelas IV dan V SD Negeri 2 Jambu yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli Pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa Kelas IV dan V SD Negeri 2 Jambu), dan uji lapangan ( 71 siswa Kelas IV dan V SD Negeri 2 Jambu). Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektik siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah sebagai berikut : data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 89,2 % (baik), ahli Pembelajaran I 85,2 % (baik), ahli Permbelajaran II 96 % (sangat baik), , uji coba kelompok kecil 90,66 % (sangat baik), dan uji lapangan 84,17 % (baik). Dari data yang ada maka model permainan ini baik sebagai salah satu pengembangan model permainan sepakbola bagi kelas IV dan V siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola satu gawang ini dapat digunakan bagi siswa kelas IV dan V SD Negeri 2 Jambu Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Diharapkan bagi guru penjasorkes SD untuk menggunakan produk model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola satu gawang ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan sebagai variasi model pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan model pembelajaran permainan sepakbola |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Jul 2012 01:15 |
Last Modified: | 09 Jul 2012 01:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13176 |
Actions (login required)
View Item |