pengembangan, model pembelajaran, gerak dasar lari dalam penjasorkes, pendekatan lingkungan hutan jati


Nely Fajrijah., 6102909109 (2011) pengembangan, model pembelajaran, gerak dasar lari dalam penjasorkes, pendekatan lingkungan hutan jati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of pengembangan, model pembelajaran, gerak dasar lari dalam penjasorkes, pendekatan lingkungan hutan jati] Microsoft Word (pengembangan, model pembelajaran, gerak dasar lari dalam penjasorkes, pendekatan lingkungan hutan jati) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode dengan teknik kuesioner atau angket. Populasi dan Sampel ada dua subyek penelitian. Pada uji validitas angket menggunakan sampel sebanyak 10 siswa kelas 4 SD Negeri Yamansari 02 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal, dan pada pelaksanaan penelitian pembelajaran gerak dasar senam adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Yamansari 04 di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal, sebanyak 30 anak. Variabel dalam penelitian ini yaitu minat siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Yamansari 04 di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal dalam mengikuti pembelajaran senam dasar pada lingkungan sungai. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Pengumpulan data pada pembelajaran gerak dasar senam menggunakan angket dianalisis dengan statistic deskriptif persentase. Berdasarkan analisis deskriptif persentase, hasil penelitian menunjukan bahwa indikator motivasi pada diri siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Yamansari 04 di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal untuk kategori sedang menunjukkan jumlah yang paling besar, untuk kriteria sangat tinggi 0%, kriteria tinggi 6,67%, kriteria sedang 90,00%, kriteria rendah 3,33% dan kriteria sangat rendah 0%. Indikator sikap guru/ sekolah/ keluarga pada siswa kelas IV Sekoalh Dasar Negeri Yamansari 04 di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal Kriteria sedang menunjukan jumlah yang paling besar, untuk kategori sangat tinggi 3,33%, kriteria tinggi 16,67%, kriteria sedang 73,33%, kriteria rendah 6,67%, dan kriteria sangat rendah 0%. Indikator kepribadian siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Yamansari 04 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal untuk kriteria sedang menunjukan jumlah yang paling besar, kriteria sangat tinggi 3,33%, kriteria tinggi 16, 67%, kriteria sedang 90,00%, kriteria rendah 0% dan kriteria sangat rendah 0%. Indikator fasilitas dan lingkungan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Yamansari 04 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal untuk kriteria sedang menunjukan jumlah paling besar, kriteria sangat tinggi 0%, kriteria tinggi 0%, kriteria sedang 90,00%, kriteria rendah 10,00% dan kategori sangat rendah 0%. Dari hasil analisis deskriptif persentase dapat disimpulkan bahwa minat pembelajaran gerak dasar senam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Yamansari 04 di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal termasuk dalam katagori sedang. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: kemampuan guru dalam menyampaikan materi, fasilita, pergaulan, keluarga, lingkungan, ekonomi, dan cuauca. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat model pembelajaran keseimbangan gerak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Yamansari 04 melalui aktivitas olahraga yang memadai. Dari hasil penelitian ini dapat dijadikan saran ataupun masukan bagi pemerintah, guru, dan semua yang berkecimpung dalam dunia pendidikan agar memperhatikan tingkat kesegaran jasmani anak-anak usia Sekolah Dasar dan diharapkan dapat menunjang kemampuan belajar sekaligus prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model pembelajaran, gerak dasar lari
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 01:11
Last Modified: 09 Jul 2012 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13175

Actions (login required)

View Item View Item