Pengaruh Permainan Sederhana terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa MTs Nurul Huda Mereng Tahun Ajaran 2011/2012


Tangguh Nur Anggian, 61014070174 (2012) Pengaruh Permainan Sederhana terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa MTs Nurul Huda Mereng Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Permainan Sederhana terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa MTs Nurul Huda Mereng Tahun Ajaran 2011/2012. ] Microsoft Word (Pengaruh Permainan Sederhana terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa MTs Nurul Huda Mereng Tahun Ajaran 2011/2012. ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan sederhana terhadap tingkat kesegaran jasmani siswa kelas VII MTs Nurul Huda Mereng Kabupaten Pemalang tahun 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen lapangan dengan metode one group desain pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Huda Mereng yang berjumlah 160 siswa sedangkan sampelnya adalah 40 siswa putra dan putri VII dan dalam memilih sampel menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Variabel bebas (X) yang digunakan adalah permainan sederhana yang meliputi sepak bola bergandengan, bola tembak, dan bermain bola dengan tangan,sedangkan Variabel terikat (Y) adalah tingkat kesegaran jasmani yang diukur dengan (TKJI) untuk usia 13-15 tahun yang meliputi lari sprint 50 meter, pull up, sit up,vertical jump,lari 1000 m (putera) dan 800 m (puteri). Data berasal dari hasil pretest dan postest. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif persentase untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan sederhana terhadap tingkat kesegaran jasmani setelah diberikan 12 kali latihan. Hasil penelitian menunjukkan permainan sederhaa memiliki pengaruh sebesar 32,26 % terhadap tigkat kesegaran jasmani. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 20,45 sedangkan t tabel untuk jumlah sampel 40 (db= 40-1 =39) dengan signifikansi 0,05 diperoleh hasil sebesar 2,024, dengan demikian hipotesis alternatif (H1) yang berbunyi “ Terdapat pengaruh permainan sederhana terhadap tingkat kesegaran jasmani pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Mereng Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2011/2012” adalah diterima. Dari kelima item tes yang diujikan, lari merupakan item tes yang mengalami peningkatan signifikan dari pretest ke postest hal ini dikarenakan banyak terdapat unsur gerak dan lari dalam latihan permainan sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan sederhana memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kesegaran jasmani siswa. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan evaluasi bagi para guru penjasorkes sehingga mau memanfaatkan permainan sederhana dalam proses pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran sesuai kebutuhan pembelajaran di sekolah dan diberikan pula di luar jam pelajaran seperti pada kegiatan ekstrakulikuler.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Olahraga kesegaran jasmani
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 07:27
Last Modified: 09 Jul 2012 07:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13166

Actions (login required)

View Item View Item