Pengembangan Model Pembelajaran Bola Voli Melalui Permainan Bola Voli Tabir dalam Penjasorkes Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V SD Negeri Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang


Wisnu Wicaksono., 6101407098 (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Bola Voli Melalui Permainan Bola Voli Tabir dalam Penjasorkes Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V SD Negeri Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Bola Voli Melalui Permainan Bola Voli Tabir dalam Penjasorkes Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V SD Negeri Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang] Microsoft Word (Pengembangan Model Pembelajaran Bola Voli Melalui Permainan Bola Voli Tabir dalam Penjasorkes Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V SD Negeri Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Latar belakang skripsi yaitu permainan bola voli lebih banyak didominasi oleh siswa terampil, sehingga siswa yang kurang terampil merasa minder dan cenderung menjadi pasif dalam pembelajaran. Permasalahan penelitan adalah pengembangan model pembelajaran bola voli. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran bola voli pada siswa kelas V SD Negeri Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu : 1) melakukan pendahuluan dan pengumpulan informasi termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, 2) mengembangkan bentuk produk awal, 3) evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, 4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji kelompok kecil, 5) uji kelompok besar, (6) revisi produk yang dilakukan berdasarkan uji kelompok besar, 7) hasil pengembangan model pembelajaran bola voli melalui permainan bola voli tabir pada siswa kelas V SD Negeri Kalisegoro kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang dihasilkan melalui revisi uji coba kelompok besar. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa), dan uji coba kelompok besar (27 siswa). Teknik analisis data menggunakan teknik deskripsi presentase. Data hasil evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua guru penjasorkes SD) diperoleh jawaban dengan rata-rata persentase 80,33% dengan kategori baik. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba kelompok kecil. Data hasil kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh jawaban dengan rata-rata persentase 87,33% dengan kategori baik. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba kelompok besar. Data hasil kuesioner siswa uji coba kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 91,60% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa uji coba kelompok besar dinyatakan hasil pengembangan model pembelajaran permainan bola voli tabir efektif dalam pembelajaran penjasorkes kelas V SD Negeri Kalisegoro. Sehingga dapat disarankan bagi guru penjasorkes SD Negeri Kalisegoro, agar dapat memanfaatkan model pengembangan pembelajaran ini, dan selalu kreatif di dalam pengembangan selanjutnya. Bagi siswa sekolah dasar agar dapat melakukan permainan dengan perasaan senang dan bahagia tanpa menghilangkan unsur permainan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Pembelajaran Bola Voli
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 00:17
Last Modified: 09 Jul 2012 00:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13163

Actions (login required)

View Item View Item