Model Pengembangan Kemampuan Fisik Untuk Pembelajaran Lompat Jauh Dalam Penjasorkes Siswa Kelas IV SD Negeri Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang


Dedy Mulyawan., 6101407095 (2012) Model Pengembangan Kemampuan Fisik Untuk Pembelajaran Lompat Jauh Dalam Penjasorkes Siswa Kelas IV SD Negeri Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pengembangan Kemampuan Fisik Untuk Pembelajaran Lompat Jauh Dalam Penjasorkes Siswa Kelas IV SD Negeri Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang] Microsoft Word (Model Pengembangan Kemampuan Fisik Untuk Pembelajaran Lompat Jauh Dalam Penjasorkes Siswa Kelas IV SD Negeri Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Pada kenyataannya banyak guru sudah mengenal modifikasi dalam pembelajaran, namun belum dikemas secara baik dan masih mengarah pada penguasaan teknik sehingga siswa merasa bosan dan kurang aktif bergerak saat mengikuti pembelajaran lompat jauh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pengembangan kemampuan fisik untuk pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dalam penjasorkes dapat membuat siswa aktif bergerak dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan model pengembangan kemampuan fisik untuk pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Metode dalam penelitian ini adalah metode pengembangan berbasis penelitian (research-based development) oleh Brog dan Gall dengan urutan (1) melakukan penelitian pendahuluan dan mengumpulkan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan produk uji coba kelompok kecil, (3) evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil, revisi ini digukanan sebagai perbaikan terhadap produk uji coba kelompok kecil yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir model pengembangan kemampuan fisik untuk pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dalam penjasorkes siswa kelas IV SD Negeri Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada para ahli yang terdapat lembar evaluasi, serta uji coba kelompok kecil (10 siswa SD Negeri Kalisegoro), dan uji lapangan (26 siswa kelas IV SD Negeri Kalisegoro). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa setelah menggunakan produk.Dari hasil evaluasi para ahli, yaitu dari ahli Penjas diperoleh hasil 83,33% dengan kriteria baik, dari ahli pembelajaran I dan II diperoleh hasil rata-rata 84,00% dengan kriteria baik. Berdasakan hasil penelitian ini, diharapkan bagi guru Penjas SD untuk menggunakan produk model pengembangan kemampuan fisik untuk pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dalam penjasorkes

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, kemampuan fisik, lompat jauh gaya jongkok
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jul 2012 00:15
Last Modified: 09 Jul 2012 00:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13162

Actions (login required)

View Item View Item