Uji Keefektifan Ekstrak Rimpang Ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn) dalam Membunuh Larva Aedes aegypti Instar III


Arifah Rosyita Sari Haryono, 6450407060 (2011) Uji Keefektifan Ekstrak Rimpang Ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn) dalam Membunuh Larva Aedes aegypti Instar III. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Uji Keefektifan Ekstrak Rimpang Ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn) dalam Membunuh Larva Aedes aegypti Instar III] Microsoft Word (Uji Keefektifan Ekstrak Rimpang Ginseng Jawa (Talinum paniculatum Gaertn) dalam Membunuh Larva Aedes aegypti Instar III) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Penggunaan larvasida sintesis sangat merugikan masyarakat, seperti pencemaran lingkungan, resistensi, dan terganggunya keseimbangan ekologi. Alternatif untuk mengurangi dampak negatif tersebut adalah dengan menggunakan larvasida nabati yang berasal dari tanaman yaitu rimpang ginseng jawa (Talinum paniculatum Gaertn). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ekstrak rimpang ginseng jawa efektif dalam membunuh larva Aedes aegypti. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, menggunakan rancangan penelitian post test only with control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh larva Aedes aegypti instar III yang berada di B2P2VRP Salatiga. Sampel berjumlah 540 ekor larva. Analisis data yang dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji Anova dengan α= 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak ginseng jawa efektif dalam membunuh larva nyamuk Aedes aegypti instar III, dengan LC95 pada konsentrasi 2,75%. Konsentrasi ekstrak ginseng jawa yang diberikan mempengaruhi jumlah kematian larva Aedes aegypti (p=0,0001). Saran yang diberikan kepada masyarakat yaitu diharapkan adanya pemberdayaan penggunaan larvasida nabati untuk mengurangi penggunaan larvasida sintesis yang dampaknya sangat merugikan masyarakat. Bagi peneliti lain diharapkan dapat mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan ekstrak rimpang ginseng jawa pada LC95 di lapangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak ginseng jawa, larva Aedes aegypti
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 Jul 2012 00:39
Last Modified: 08 Jul 2012 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13155

Actions (login required)

View Item View Item