Pengaruh Konsumsi Fast Food Terhadap Kejadian Obesitas pada Remaja Putri (Studi Kasus Pasien Klinik Obesitas Dr. Mulyono Angga Husada Semarang) .

Ahadiah Rahmawati, 6450406565 (2011) Pengaruh Konsumsi Fast Food Terhadap Kejadian Obesitas pada Remaja Putri (Studi Kasus Pasien Klinik Obesitas Dr. Mulyono Angga Husada Semarang) . Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Masalah obesitas banyak dialami oleh beberapa golongan masyarakat, antara lain anak usia sekolah, remaja, dewasa dan lanjut usia. Obesitas ini sudah menjadi masalah epidemik dunia. Data menunjukkan angka obesitas tahun 2005 sebanyak 17,6% di kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan obesitas di Kota Semarang tahun 2011. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien remaja putri klinik obesitas Dr. Mulyono Angga Husada . Sampel yang diambil berjumlah 37 pasien remaja putri klinik obesitas Dr. Mulyono Angga Husada Semarang. Pengumpulan data menggunakan Rekam Medik klinik obesitas Dr. Mulyono Angga Husada Semarang serta wawancara pada pasien remaja putri klinik obesitas Dr. Mulyono Angga Husada Semarang yang terpilih menjadi sampel. Analisis data berupa Analisis univariat dan analisis bivariat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh p-value sebesar 0,005 (p-value <0.05) dengan Fisher´s Exact Test sebesar 0,31. Hal ini menunjukkan ada pengaruh konsumsi fast food terhadap kejadian obesitas diterima. Dari hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa 75,4 % responden berusia 19-21 tahun 35,1 % berasal dari keluarga dengan jumlah anggota 2 orang pendapatan orang tua responden 100% diatas rata-rata UMR 100% ayah dan ibu responden semua bekerja 54,4% responden memiliki kebiasaan makan fast food 84,2% responden mengalami obesitas 96,2% responden yang memiliki kebiasaan konsumsi fast food tinggi dan mengalami obesitas. Saran yang diajukan adalah remaja putri yang mengalami obesitas disarankan untuk mengurangi konsumsi fast food secara berlebihan karena berdasarkan hasil penelitian konsumsi fast food yang berlebih berpengaruh terhadap kejadian obesitas .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Obesitas, Fast Food
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Jul 2012 20:14
Last Modified: 07 Jul 2012 20:14

Actions (login required)

View Item