Hubungan Motivasi Kerja dengan Produktivitas Kerja Pada Karyawan Bagian Produksi Spinning II Shift I di PT. Sinar Pantja Djaja Semarang Tahun 2009

Sigit Ari Nugroho, 6450405043 (2010) Hubungan Motivasi Kerja dengan Produktivitas Kerja Pada Karyawan Bagian Produksi Spinning II Shift I di PT. Sinar Pantja Djaja Semarang Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Motivasi kerja adalah sesuatu yang menimbulkan dorongan atau semangat kerja. Kekuatan motivasi tenaga kerja untuk bekerja secara langsung tercermin sebagai upayanya seberapa jauh ia bekerja keras untuk mengahasilkan kinerja yang baik atau sebaliknya. Sedangakan produktifitas kerja adalah perbandingan antara keluran dan masukan, dengan maksud perbandingan secara ilmu hitung antara jumlah yang dihasilkan. Hasil produksi PT. Sinar Pantja Djaja Semarang tahun 2009 sebesar 2575,50 perbulan dari target sebesar 2704,40 perbulan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara motivasi kerja dengan produktivitas kerja pada karyawan bagian produksi di PT. Sinar Pantja Djaja Panasia Gruop Semarang? Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi kerja dengan produktivitas kerja pada karyawan bagian produksi di perusahaan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory reseach dengan pendekatan cross sectional untuk menjelaskan hubungan antara motivasi kerja dengan produktivitas kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi Spinning II yang bekeja pada SHIFT I yang berjumlah 74 orang. Jumlah sampel sebanyak 48 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan pengukuran. Uji chi-square antara motivasi kerja dan produktivitas kerja menghasilkan P=0,001 (P<0,05) yang berarti ada hubungan antara motivasi kerja dengan produktivitas kerja karena nilai P= 0,001 kurang dari 0,05 (0,001<0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan motivasi kerja dengan produktivitas kerja pada karyawan di bagian produksi pada PT. Sinar Pantja Djaja Semarang tahun 2009. Saran yang dianjurkan bagi karyawan untuk selalu mempunyai motivasi kerja dengan rasa ikut memiliki dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dihadapi dan saran bagi perusahaan adalah untuk lebih meningkatkan supervisi dan kebijakan dalam memberikan suatu penghargaan yang kongkrit maupun pujian guna meningkatkan produktivitas kerja di lingkungan perusahaan sehingga target produksi dapat tercapai dengan memuaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja dan Produktivitas Kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 07 Jul 2012 20:02
Last Modified: 07 Jul 2012 20:02

Actions (login required)

View Item