FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBERADAAN JENTIK NYAMUK AEDES AEGYPTI DI DESA WOTAN KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI TAHUN 2011

Rieffqie Fachriansyah, 6450404096 (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBERADAAN JENTIK NYAMUK AEDES AEGYPTI DI DESA WOTAN KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI TAHUN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Kejadian demam berdarah dengue di Kabupaten Pati selalu meningkat tiap tahunnya. Desa Wotan merupakan daerah endemis yang kejadian kasusnya tiap tahunnya selalu ada. Bebagai upaya telah dilakukan namun hasilnya belum memuaskan. Angka bebas jentik sebagai indikator keberhasilannya masih dibawah target yaitu 75 % (target  95%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keberadaan jentik. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah rumah-rumah yang ada di Desa Wotan. Jumlah sampel yang dibutuhkan sebanyak 82 rumah diambil secara simple random sampling dengan kepala keluarga (KK) atau ibu rumah tangga (istri) sebagai responden. Instrumen yang di gunakan adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji chi square dengan α=0,05). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang DBD p = 0,000 (p < 0,05), pemakaian tutup penampungan air p = 0,000 (p < 0,05), pemakaian abate p = 0,000 (p < 0,05) dan pemeliharaan ikan pemakan jentik pada penampungan air= 0,000 ( p < 0,05) dengan keberadaan jentik. Saran yang diberikan kepada dinas kesehatan kabupaten pati dan puskesmas sukolilo adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang demam berdarah dengue melalui penyuluhan serta melakukan peningkatan pemantauan jentik nyamuk aedes aegypti secara berkala dengan melibatkan tokoh masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nyamuk , aedes aegypti
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 19:20
Last Modified: 06 Jul 2012 19:20

Actions (login required)

View Item