Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter di Laboratorium TeenZania Materi Garis Singgung Lingkaran kelas VIII SMP N 2 Pati


Eka Lia Susanti, 4101408152 (2012) Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter di Laboratorium TeenZania Materi Garis Singgung Lingkaran kelas VIII SMP N 2 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter di Laboratorium TeenZania Materi Garis Singgung Lingkaran kelas VIII SMP N 2 Pati] Microsoft Word (Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter di Laboratorium TeenZania Materi Garis Singgung Lingkaran kelas VIII SMP N 2 Pati) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Problem posing merupakan metode pembelajaran yang mewajibkan para peserta didik untuk membuat soal sendiri serta mampu menyelesaikannya secara mandiri. Pendidikan karakter menumbuhkan sifat-sifat peserta didik menuju akhlak yang baik dan mencerminkan karakter bangsa Indonesia. Laboratorium TeenZania membantu peserta didik menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika dengan metode Problem Posing berbasis pendidikan karakter di laboratorium TeenZania pada materi garis singgung lingkaran dapat dikatakan efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP N 2 Pati. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini yaitu keaktifan sebagai variabel independen dan prestasi belajar sebagai variabel dependen. Cara pengambilan data dengan lembar pengamatan dan metode tes. Data diolah dengan uji banding dan uji pengaruh regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar kelas eksperimen 82,74 secara statistik melebihi KKM sebesar 75. Dengan uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi dan Koefisien X merupakan bilangan positif sehingga keaktifan berpengaruh positif pada prestasi belajar sebesar 82,9%. Semakin tinggi keaktifan, maka semakin tinggi pula prestasi belajar peserta didik. Rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen = 82,74 dan rata-rata prestasi belajar kelas kontrol = 72,91. Secara uji stastistik prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik daripada prestasi belajar kelas kontrol. Berdasarkan ketiga hasil analisis di atas (1) mencapai tuntas belajar; (2) adanya pengaruh positif pada keaktifan terhadap prestasi belajar; dan (3) prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik daripada prestasi belajar kelas kontrol; dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika dengan metode problem posing berbasis pendidikan karakter di laboratorium TeenZania merupakan pembelajaran yang efektif. Sehingga pembelajaran dengan metode problem posing berbasis pendidikan karakter di laboratorium TeenZania hendaknya diterapkan dalam berbagai pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Keaktifan, Prestasi Belajar, Problem Posing, Pendidikan Karakter, Laboratorium TeenZania
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 22:30
Last Modified: 06 Jul 2012 22:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item