Meningkatkan Minat, Aktivitas dan Keterampilan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pokok Kubus dan Balok dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dengan Bantuan Media Alat Peraga Peserta Didik Paket B Kelas VIII SKB Pati Tahun Ajaran 2010/2011

Herlyna Agustiana, 4101407123 (2011) Meningkatkan Minat, Aktivitas dan Keterampilan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pokok Kubus dan Balok dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dengan Bantuan Media Alat Peraga Peserta Didik Paket B Kelas VIII SKB Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

SKB Pati merupakan salah satu lembaga non formal, latar belakang dari peserta didiknya sangat beragam. Ada yang berasal dari keluarga tidak atau kurang mampu, putus sekolah, dan sekolah sambil bekerja. Hal ini mempengaruhi hasil belajar mereka. Di SKB Pati, didapati sebagian besar peserta didik belum terampil dalam menyelesaikan soal pada materi kubus dan balok. Permasalahan yang diajukan adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan bantuan alat peraga dapat meningkatkan minat, aktivitas dan keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi pokok kubus dan balok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan bantuan alat peraga dapat meningkatkan minat, aktivitas dan keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi pokok kubus dan balok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Paket B kelas VIII yang berjumlah 13 anak, yang dilaksanakan pada tanggal 10 Mei – 31 Mei 2011. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yang dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Untuk minat belajar digunakan lembar angket minat, untuk aktivitas belajar digunakan lembar pengamatan dan untuk keterampilan menyelesaikan soal digunakan tes yang dilakukan pada tiap akhir siklus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah, adanya peningkatan terhadap minat belajar peserta didik yaitu pada siklus I sebanyak 31% peserta didik sangat berminat dan 54% peserta didik berminat untuk belajar maematika, sedangkan pada siklus II sebanyak 46,5% peserta didik sangat berminat dan 38,5% berminat belajar matematika. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I yaitu 86,5%, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 88,25%. Pada hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, siklus I rata – rata hasil belajar peserta didik adalah 4, pada siklus II rata – rata hasil belajar peserta didik menjadi 5. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah dengan pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan bantuan alat peraga dapat meningkatkan minat, aktivitas dan keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi pokok kubus dan balok. Saran yang diberikan adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan bantuan media alat peraga pada materi pokok kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat, aktivitas, keterampilan menyelesaikan soal, TTW, alat peraga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 18:27
Last Modified: 06 Jul 2012 18:27

Actions (login required)

View Item