Model Pembelajaran Kooperatif NHT dengan Pendekatan RME Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik SMP N 33 Semarang Pada Materi Pokok Segiempat
Rosita Hapsari, 4101407092 (2011) Model Pembelajaran Kooperatif NHT dengan Pendekatan RME Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik SMP N 33 Semarang Pada Materi Pokok Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Model Pembelajaran Kooperatif NHT dengan Pendekatan RME Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik SMP N 33 Semarang Pada Materi Pokok Segiempat)
- Published Version
Download (87kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya peserta didik dengan hasil belajar dan motivasi yang rendah dalam pembelajaran matematika di SMP N 33 Semarang. Hasil belajar beberapa peserta didik belum dapat mencapai KKM individual sebesar 65. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang diharapkan efektif terhadap hasil belajar dan motivasi dalam pembelajaran matematika yaitu model kooperatif tipe NHT dengan pendekatan RME berbantuan alat peraga.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran koperatif tipe NHT dengan pendekatan RME berbantuan alat peraga dapat mencapai ketuntasan yang diinginkan yaitu telah memenuhi KKM secara klasikal sebesar 75% pada materi pokok segiempat, (2) apakah rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran NHT dengan pendekatan RME berbantuan alat peraga lebih baik dibanding rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran TPS pada materi pokok segiempat, (3) apakah rata-rata motivasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran NHT dengan pendekatan RME berbantuan alat peraga lebih baik dibanding rata-rata motivasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran TPS pada materi pokok segiempat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 33 Semarang. Pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling sehingga terpilih 36 peserta didik pada kelas VII E sebagai kelompok eksperimen dan 36 peserta didik pada kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran model NHT dengan pendekatan RME berbantuan alat peraga dan kelompok kontrol dengan pembelajaran TPS. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan motivasi peserta didik. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji proporsi dan uji t. Berdasarkan uji proporsi pada kelompok eksperimen diperoleh . Ini berarti hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model NHT dengan pendekatan RME berbantuan alat peraga dapat mencapai ketuntasan yang diinginkan yaitu telah memenuhi KKM secara klasikal sebesar 75% pada materi pokok segiempat. Dari analisis uji t untuk data hasil belajar diperoleh = 2.20 > = 1.99. Ini berarti rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model NHT dengan pendekatan RME berbantuan alat peraga lebih baik dibandingkan rata-rata hasil belajar dengan model TPS. Untuk analisis uji t terhadap data motivasi belajar diperoleh = 2.14 > = 1.99. Hal ini berarti motivasi hasil belajar peserta didik dengan model NHT dengan pendekatan RME berbantuan alat peraga lebih baik dibandingkan motivasi hasil belajar dengan model TPS.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan RME berbantuan alat peraga, hasil belajar, motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 06 Jul 2012 22:24 |
Last Modified: | 06 Jul 2012 22:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13129 |
Actions (login required)
View Item |