Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Menggunakan E-Learning Mooddle terhadap Hasil Belajar dan Kecemasan Matematika Siswa Kelas XII IPS SMA 1 Bae Kudus pada Materi Pokok Logika Matematika

Afit Istiandaru, 4101407048 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Menggunakan E-Learning Mooddle terhadap Hasil Belajar dan Kecemasan Matematika Siswa Kelas XII IPS SMA 1 Bae Kudus pada Materi Pokok Logika Matematika. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Salah satu permasalahan pada pembelajaran matematika adalah bagaimana menghilangkan anggapan siswa bahwa matematika merupakan pelajaran yang menakutkan dan kurang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena tersebut mengakibatkan munculnya kecemasan matematika yang berpengaruh pada hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah mengintegrasikan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan penggunaan teknologi informasi. Dalam penelitian ini, diterapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang diintegrasikan dengan e-learning Moodle. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dan e-learning Moodle mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan banyaknya siswa yang mencapai KKM tersebut lebih dari 75%? (2) apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran TPS dan e-learning Moodle lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori? dan (3) apakah tingkat kecemasan matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dan e-learning Moodle tidak melebihi kriteria rendah dan tingkat kecemasan tersebut lebih rendah daripada tingkat kecemasan matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bae tahun pelajaran 2010/2011 yang berada dalam empat kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dan terpilih kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar, baik ketuntasan individual maupun ketuntasan klasikal. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dan tingkat kecemasan matematika siswa kelas eksperimen lebih rendah daripada kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa pada materi logika dengan model pembelajaran TPS berbasis e-learning Moodle dapat mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan pembelajaran ekspositori, dan tingkat kecemasan matematika siswa dengan model pembelajaran TPS berbasis e-learning Moodle lebih rendah daripada tingkat kecemasan matematika siswa dengan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran TPS, e-learning Moodle, kecemasan matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 18:17
Last Modified: 06 Jul 2012 18:18

Actions (login required)

View Item