Pengaruh Kecemasan Matematika dan Kepercayaan Diri dalam Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Monopoli Matemtika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Statistika Kelas XI IPA


Umi Fadhlilah, 4101407033 (2011) Pengaruh Kecemasan Matematika dan Kepercayaan Diri dalam Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Monopoli Matemtika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Statistika Kelas XI IPA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kecemasan Matematika dan Kepercayaan Diri dalam Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Monopoli Matemtika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Statistika Kelas XI IPA] Microsoft Word (Pengaruh Kecemasan Matematika dan Kepercayaan Diri dalam Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Monopoli Matemtika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Statistika Kelas XI IPA) - Published Version
Download (83kB)

Abstract

Kecemasan matematika dan kepercayaan diri merupakan dua kondisi psikologis yang mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam memecahkan suatu masalah matematika. TAI merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat membantu kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Model TAI dengan pendekatan kontekstual membuat materi pelajaran menjadi berarti dan menyenangkan karena peserta didik mempelajari materi pelajaran yang disajikan melalui konteks kehidupan mereka, dan menemukan arti di dalam proses pembelajarannya. Selain itu untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik secara umum perlu dicarikan permainan sederhana yang khusus. Monopoli matematika merupakan permainan matematika yang menjadi pelengkap pembelajaran matematika untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kecemasan matematika dalam pembelajaran TAI dengan pendekatan kontekstual berbantuan monopoli matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi statistika kelas XI IPA, adakah pengaruh kepercayaan diri dalam pembelajaran pendekatan kontekstual berbantuan monopoli matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi statistika kelas XI IPA, serta untuk mengetahui adakah pengaruh kecemasan matematika dan kepercayaan diri dalam pembelajaran TAI dengan pendekatan kontekstual berbantuan monopoli matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi statistika kelas XI IPA. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 12 Semarang. Pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling sehingga terpilih 31 peserta didik sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran model TAI dengan pendekatan kontekstual berbantuan monopoli matematika. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecemasan matematika dan kepercayaan diri sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana dan ganda. Berdasarkan analisis hasil penelitian, (1) ada pengaruh negatif antara kecemasan matematika dalam pembelajaran TAI dengan pendekatan kontekstual berbantuan monopoli matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi melalui persamaan , (2) ada pengaruh positif antara kepercayaan diri dalam pembelajaran TAI dengan pendekatan kontekstual berbantuan monopoli matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi melalui persamaan , (3) persentase pengaruh kecemasan matematika dan kepercayaan diri dalam pembelajaran TAI dengan pendekatan kontekstual berbantuan monopoli matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah 68,97% yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi melalui persamaan .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika, Kepercayaan Diri, TAI, pendekatan kontekstual, Monopoli Matematika, Kemampuan Pemecahan Masa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 22:13
Last Modified: 06 Jul 2012 22:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13126

Actions (login required)

View Item View Item