Keefektifan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar dengan Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan dan Alat Peraga Manipulatif sebagai Sumber Belajar terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa


Farida Nursyahidah, 4101406069 (2010) Keefektifan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar dengan Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan dan Alat Peraga Manipulatif sebagai Sumber Belajar terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar dengan Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan dan Alat Peraga Manipulatif sebagai Sumber Belajar terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa] Microsoft Word (Keefektifan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar dengan Optimalisasi Pemanfaatan Lingkungan dan Alat Peraga Manipulatif sebagai Sumber Belajar terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu universal sekaligus ilmu dasar yang berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memajukan daya pikir manusia. Untuk dapat berkompeten dengan perkembangan global maka generasi muda dituntut untuk melakukan pembiasaan matematika sejak dini dan mengembangkan kreativitas. Akan tetapi, pembelajaran di SD seperti yang disarankan dalam Permendiknas No. 41 Tahun 2007 belum mampu diwujudkan dengan optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pembelajaran matematika yang sesuai standar proses berbasis pemanfaatan lingkungan dan alat peraga manipulatif sebagai sumber belajar terhadap pengembangan kreativitas siswa. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Karangmangu. Permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut (1) bagaimanakah kualitas proses pembelajaran dengan optimalisasi pemanfaatan lingkungan dan alat peraga manipulatif?; (2) bagaimanakah keefektifan pembelajaran matematika dengan optimalisasi pemanfaataan lingkungan dan alat peraga manipulatif terhadap pengembangan kreativitas siswa? Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen sebagai bagian dalam payung Research and Development yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, pengamatan, dan refleksi. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) kualitas proses pembelajaran dalam kategori baik yang ditunjukkan dengan rata-rata aktivitas siswa 3,28; rata-rata motivasi belajar siswa 79,40%; hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas 71,55 dan ketuntasan belajar 75,76%; rata-rata respon siswa menyenangi pembelajaran 86%; dan rata-rata kesan guru sangat setuju 86,67%; (2) pembelajaran matematika dengan pemanfaataan lingkungan dan alat peraga manipulatif efektif terhadap pengembangan kreativitas siswa, ditunjukkan dengan rata-rata kreativitas siswa 3,14, hasil tes kreativitas siswa meningkat dari rata-rata awal 63,09 dengan ketuntasan kelas 66,67% menjadi rata-rata akhir 73,48 dengan ketuntasan kelas 75,76%. Berdasarkan pembahasan di atas, saran yang dapat direkomendasikan adalah (1) pembelajaran matematika dengan pemanfaatan lingkungan dan alat peraga manipulatif perlu diaplikasikan untuk siswa SD karena selain dapat menghasilkan kualitas pembelajaran yang baik juga dapat mengembangkan kreativitas siswa; (2) guru perlu menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dengan karakteristik siswa dan lingkungan sekolah; (3) peneliti berikutnya hendaknya mempertimbangkan antara banyaknya aktivitas siswa dengan ketersediaan waktu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Matematika Sekolah Dasar, Alat Peraga Manipulatif, Lingkungan, Kreativitas Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 22:06
Last Modified: 06 Jul 2012 22:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13124

Actions (login required)

View Item View Item